Home Warta Ekonomi

3 Jenis Bansos Diluncurkan, Risma Pesan Jangan Dibelikan Rokok

Bansos Jangan Dibelikan Rokok
Pelucuran program bansos oleh Presiden Jokowi, Senin (4/1/21) di Istana Negara, Jakarta (F: Kominfo.go.id)
Advertisement

Barakata.id- Presiden Joko Widodo luncurkan 3 jenis bantuan sosial, Senin (4/1/21) di Istana Negara. Mensos berpesan bansos jangan dibelikan rokok.

Tiga bantuan yang diluncurkan adalah Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)/ Program Sembako, dan Bantuan Sosial Tunai (BST).

Baca Juga:
Kemensos Pastikan Bansos Corona Tak Terganggu OTT KPK

Advertisement

“Tahun 2021 ini, penyaluran bantuan sosial akan terus kita lanjutkan. Bantuan ini kita mulai hari ini, disalurkan kepada 34 provinsi,” ujar Jokowi dalam sambutannya dikutip dari laman Sekretariat Presiden.

Pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp110 triliun dari APBN 2021 untuk seluruh penerima bansos di Indonesia. Jokowi berharap bantuan itu dapat meringankan keluarga yang terdampak pandemi Covid-19.

Selain itu juga diharapkan bisa menjadi pemicu untuk menggerakkan ekonomi nasional, mengungkit ekonomi dan memperkuat daya beli masyarakat.

“Sehingga kita harapkan pertumbuhan ekonomi nasional menjadi meningkat dan lebih baik,” ujarnya.

Sementara itu Menteri Sosial Tri Rismaharini mewanti-wanti para penerima bansos untuk menggunakan bantuan itu dengan bijaksana dan tepat.

Pihaknya akan memberikan arahan penggunaan bantuan lewat leaflet, sosialisasi maupun edukasi yang disampaikan oleh petugas bank maupun Pos.

Risma menyontohkan, PKH dapat digunakan untuk peningkatan kesehatan, pendidikan anak dan mengurangi beban keluarga. Jadi dananya bisa dipakai untuk modal usaha dan sebagian ditabung.

Kartu sembako digunakan untuk belanja di e-warong, setempat. Bisa untuk membeli bahan pokok karbohidrat, protein hewani, nabati dan sumber vitamin dan mineral.

Sementara, BST ini diberikan kepada penerima yang belum menerima PKH dan Kartu Sembako. BST ini bisa dugunakan untuk membeli kebutuhan pokok makanan serta keperluan lain yang bermanfaat dalam menghadapi pandemi Covid-19.

“Kemudian kami sampaikan juga larangan semua bantuan untuk dibelikan rokok dan minuman keras,” kata Risma.

Pesan agar bansos jangan dibelikan rokok itu juga disampaikan Risma, pada konfrensi pers yang juga disiarkan YouTube Sekretariat Presiden pada 29 Desember 2020 lalu.

“Tidak ada lagi untuk pembelian rokok dan akan kami pantau,” kata Risma.

Baca Juga:
Jokowi: Segera Kucurkan Bansos dan Insentif untuk UMKM

Dia mengatakan di bulan Februari 2021 nanti pihaknya akan menyiapkan alat untuk mengetahui uang itu dibelanjakan untuk apa saja.

“Karena itu akan berpengaruh terhadap rencana-rencana yang sudah dilakukan pemerintah. Jangan beli rokok lalu sakit,” ujarnya.

Segini Nilai Total Tiap Bansos

Advertisement

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin