Home Kepulauan Riau Batam UMKM Batam Didorong Masuk Pasar Internasional

UMKM Batam Didorong Masuk Pasar Internasional

26
Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad saat mengadiri Gebyar Melayu Pesisir II di salah satu hotel di Batuampar, Senin (23/8/21). (F: Humas Pemko Batam)
Himbauan Pemprov Kepri

Ikuti kami di Google Berita

Barakata.id, Batam- Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Batam didorong masuk pasar internasional. Dorongan itu diberikan oleh Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad saat menghadiri pembukaan Gebyar Melayu Pesisir II, Senin (3/8/21).

Acara yang digelar oleh Bank Riau Kepri ini turut dihadiri Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Duta Besar Indonesia untuk Singapura Suryo Pratomo, Deputi Gubernur Bank Indonesia Doni Primanto Joewono, dan Gubernur Kepri Ansar Ahmad.


Dalam kesempatan itu, Amsakar mengapresiasi terselenggaranya Gebyar Melayu Pesisir II. Dengan banyaknya dorongan, Amsakar yakin UMKM Batam dapat terus berbenah sehingga mampu merambah dunia digotal untuk pasar tradisional.

Baca Juga:

Amsakar mengatakan UMKM termasuk salah satu bidang yang tangguh di tengah pandemi.

“Mumpung semua pihak mendukung agar UMKM mencakup pasar global, ayo kita raih itu dengan cara bertranformasi ke ranah digital melalui e-commerce,” ujarnya.

Dia berjanji akan terus membina para UMKM melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Amsakar juga menyambut baik dukungan dari sejumlah menteri dan duta besar Indonesia untuk Singapura terkait UMKM.

“Dari UMKM yang dibawa ke Singapura, sebagian dari UMKM Batam. Saatnya UMKM memasuki ranah digitalisasi dan peluang ini dimanfaatkan dengan baik,” ujarnya.

Gebyar Melayu Pesisir kali ini merupakan yang kedua. Sebelumnya, seri pertama digelar 3 Maret 2021 lalu. Kegiatan kali ini berlangsung selama 4 hari dan mengusung tema Sinergi Membangun UMKM Kepri Bangkit Menuju Pasar Global.

Kepala Perwakilan BI Kepri, Musni Hardi K Atmaja mengatakan, Gebyar Melayu Pesisir I difokuskan untuk mendorong digitalisasi dan pemasaran UMKM.

“Sedangkan untuk Gebyar Melayu Pesisir II tidak hanya lokal Kepri namun juga ke luar negeri,” ujarnya.

Baca Juga:

Beragam kegiatan digelar dalam Gebyar Melayu Pesisir II ini. Salah satunya peningkatan produk UMKM. Musni berharap kegiatan tersebut dapat mendorong peningkatan UMKM. Sehingga menghasilkan produk unggulan yang bisa bersaing tak hanya di Kepri tapi juga di luar Kepri bahkan sampai ke taraf internasional.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno secara virtual. Sadiaga mengungkapkan pihaknya optimistis UMKM Kepri dapat bangkit kembali dari pandemi.

“Melalui ini (Gebyar Melayu Pesisir), mari bangkitkan ekonomi dan menyejahterakan masyarakat. Maju terus pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia,” ujarnya.

***

Editor: Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin