Home Warta Ekonomi Kembangkan Smart Grid, Pelayanan PLN Batam Kian Digital

Kembangkan Smart Grid, Pelayanan PLN Batam Kian Digital

18
Smart Grid PLN Batam
Foto Ilustrasi. Smart grid

Barakata.id, Batam – Bright PLN Batam sedang mengembangkan teknologi smart grid. Sistem ini akan membuat sistem kerja bright PLN Batam semakin digital, termasuk hal pelayanan kepada pelanggan.

Smart grid merupakan jaringan listrik pintar yang mampu mengintegrasikan aksi-aksi atau kegiatan dari semua pengguna, mulai dari pembangkit sampai ke konsumen dengan tujuan agar efisien, berkelanjutan, ekonomis, dan suplai listrik yang aman.

Dengan dasar itu, sebagai langkah awal bright PLN Batam pun tengah mempersiapkan pembangunan Advanced Matering Infrastructure (AMI). Ini adalah cikal bakal penerapan sistem smart grid di Kota Batam.

Vice President of Public Relation bright PLN Batam, Samsul Bahri mengatakan, jika AMI sudah terbangun dan dioperasikan, maka model layanan baru ini tidak hanya ini memudahkan pelanggan dalam melakukan permintaan penambahan daya.

“Bagi bright PLN Batam juga akan mempermudah petugas dalam melakukan pengecekan meteran listrik. Sistem ini juga bisa memperkecil kemungkinan kesalahan pencatatan yang dilakukan oleh petugas lapangan,” katanya kepada barakata.id di Batam Centre, Kamis (29/10/20).

Baca Juga :

Dengan demikian, menurut Samsul, kesalahan input data penggunaan listrik bisa diminimalisir.

“Sistem ini juga akan semakin memudahkan komunikasi dua arah antara kami dan pelanggan,” ujarnya.

Samsul mengatakan, sistem smart grid ini bisa mengurangi kesalahan pencatatan meteran, terutama ketika petugas mengalami kesulitan dalam melihat meteran di cumah pelanggan.

“Ada kalanya ketika petugas datang, pagar rumah pelanggan tertutup atau terkunci sehingga tak bisa masuk dan mengecek meteran listrik. Dengan model smart grid ini, kami bisa melihat langsung dari sistem,” katanya.

Selain itu, AMI ini juga memudahkan pelanggan kalau mau minta tambah daya.

“Kami tinggal tambah dari kantor dari tidak perlu lagi ada petugas yang datang ke sana,” ujar Samsul.

Smart grid ini akan mendukung mimpi Batam menjadi smart city. Bila muncul smart city, segalanya bisa lebih mudah.

Samsul mencontohkan, implementasi smart grid di Jeju Island Korea Selatan dan Singapura, semuanya memudahkan kontrol dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat Bisnis dan industri jaga menjadi tertopang

Memang pernah ada uji coba smart grid di Bali tetapi, modelnya berbeda. Jika bisa mewujudkan smart grid, Batam bakal menjadi yang pertama di Indonesia,

Perusahaan telah merancang rencana bertahap untuk mewujudkan smart city tersebut. Bila terwujud, pembangunan pembangkit di Batam akan lebih mudah dan murah.

“Kami akan mulai melakukan sejumlah tahapan, mulai dari digitalisasi sistem kelistrikan hingga membangun jaringan yang memadai, kata Samsul.

Dengan AMI dan smart grid,orang tak lagi bisa mencuri listrik.

“Begitu listrik dicuri, langsung mati,” ujarnya.

Samsul mengatakan, pihaknya sudah selesai uji coba smart grid terhadap 1.400 pelanggan. Dalam waktu dekat tahapan awal akan dimulai.

“Kami optimistis bisa mewujudkan smart grid ini di Batam,” pungkas Samsul.

*****

Editor : YB Trisna

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin