Home Gaya

Jepang Sukses Luncurkan MOMO-3 ke Luar Angkasa

76
Ilustrasi

Persaingan negara-negara di dunia dalam peluncuran roket komersil ke luar angkasa diramaikan oleh Jepang. Perusahaan asal negara Matahari Terbit itu, Interstellar Technologies baru-baru ini sukses meluncurkan roket bernama MOMO-3 ke orbit luar angkasa.

Mengutip Engadget, Minggu (5/5/19), MOMO-3 berhasil sampai ke garis Kármán yang berada 100 kilometer dari permukaan laut bumi. Roket itu terbang selama 8 menit 35 detik sebelum akhirnya terjun ke Samudra Pasifik.

Peluncuran ini juga menjawab tekanan publik terhadap pendiri Interstellar, Takafumi Horie. Ada sikap skeptis dari publik mengingat rekam jejak dari Takafumi dan perusahaannya.

Tetapi roket tersebut merupakan prestasi tersendiri bagi perusahaan tersebut. Pasalnya mereka telah melakukan 2 percobaan dan berakhir dengan kegagalan.

Tujuan utama roket Interstellar untuk mengangkut satelit kecil ke orbit dengan biaya lebih murah dibandingkan peluncuran yang dilakukan oleh pemerintah Jepang. Perlu diketahui bahwa akhir-akhir banyak pihak swasta yang mulai mengembangkan roket untuk layanan komersil ke luar angkasa.

Informasi terakhir Blue Origin berhasil meluncurkan roket New Shepard tanpa awak ke luar angkasa pada Rabu (23/1/19) pukul 21.00 WIB. Roket tersebut diketahui membawa delapan percobaan sains milik NASA, dan akan menjadi roket turis antariksa di masa mendatang.

Perlu dikatuhi, Blue Origin merupakan perusahaan roket milik bos Amazon, Jeff Bezos yang beberapa waktu lalu berhasil meluncurkan roket New Sephard. Roket ini berhasil mencapai ketinggian puncak 66 mil atau sekira 106 kilometer di atas Bumi.

Menurut astronot Blue Origin, Ariane Cornell, batas ruang secara internasional disepakati berada 100 mil di atas Bumi, yang dikenal sebagai Garis Karman. Delapan menit setelah New Sephard lepas landas, pendorong roket menembakkan mesin dan melakukan pendaratan yang mulus.

*****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin