Home Kepulauan Riau Batam

Bakamla RI Gelar Latihan Kesiapsiagaan di Batam

Puluhan personel KN Tanjung Datu-301 mengikuti pelatihan di Batam.
Puluhan personel KN Tanjung Datu-301 mengikuti pelatihan kesiapsiagaan di Batam. F Humas Bakamla.
- Advertisement -
DPRD Batam

Barakata.id, Batam – Direktorat Bakamla Republik Indonesia (RI) terus meningkatkan kemampuan personelnya. Salah satu caranya dengan menggelar latihan kesiapsiagaan bagi personal KN Tanjung Datu-301. 

Latihan kesiapsiagaan in digelar di Dermaga Batu Ampar, Batam. Ada sebanyak 75 orang personel yang mengikuti pelatihan ini hingga Jumat (10/2/2023) mendatang. 

- Advertisement -

Pelatihan ini demi meningkatkan keberhasilan pelaksanaan tugas patroli dan operasi. Beberapa materi pelatihan yang diberikan adalah teori penguasaan buku induk tugas (BIT), yang meliputi peran operatif, peran administratif, peran darurat dan peran khusus. 

“Saya berharap para peserta serius dalam mengikuti pelatihan ini, karena begitu pentingnya penguasaan BIT,” kata Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Barat, Laksma Bakamla Hadi Pranoto, Rabu (8/2/2023).

Latihan ini, kata Hadi bertujuan untuk meningkatkan kemampuan personel awak KN Tanjung Datu-301, dalam mengawaki pos tugas masing-masing. Selain itu juga dapat membangun sinergi dengan pos tugas lainnya. 

Pelatihan ini meningkatkan pengetahuan tentang kesiapan unsur, yang merupakan kemampuan esensial yang harus terus diasah.

“Personel (Bakamla) tetap harus mengembangkan kapasitas pengetahuan dan kemampuannya. Tidak hanya dalam gelar latihan ini saja, tetapi secara terus menerus agar selalu siap, responsif dan terbentuk profesionalisme,” tutur Hadi. 

- Advertisement -