Home Warta Dunia 5 Nelayan Indonesia Ditangkap Kapal Patroli Malaysia

5 Nelayan Indonesia Ditangkap Kapal Patroli Malaysia

Nelayan Indonesia
Ilustrasi. (F: Freepik)
Himbauan Pemprov Kepri

Ikuti kami di Google Berita

Barakata.id, Dunia – 5 nelayan Indonesia ditangkap kapal patroli Malaysia, Senin (22/3/21). Para nelayan itu dituduh melanggar batas zona penangkapan ikan.

Dilansir dari The Star, Direktur Maritim Penang, Kapten Abd Razak Mohammed mengatakan kapal patroli KM Burau mendeteksi adanya kapal penangkap ikan.

Kapal itu ditemukan sedang memancing di sekitar 32,2 mil laut di sebelah barat Pulau Kendi. Para nelayan itu terlihat mencari ikan sekira pukul 5 sore.

Baca Juga:

Di kapal itu terdapat 5 awal kapan Indonesia. Termasuk nakhoda.

“Mereka berusia antara 18-45 tahun dan tak memiliki dokumen identitas yang sah,” kata Razak dalam keterangan tertulisnya, Selasa (23/3/21).

Razak mengatakan, nelayan Indonesia itu ditahan karena melanggar batas perairan Malaysia. Saat ini nelayan dan kapalnya telah dibawa ke dermaga Galangan Kapal Batu Maung untuk ditindak lanjuti.

Kasus itu melanggar pasal 15 ayat 1 UU Perikanan tahun 1985 tentang penangkapan ikan tanpa izin dari Direktur Jenderal Perikanan.

Menurut Razak, didenda yang akan dikenakan maksimal RM6 miliar atau sekitar Rp20,2 miliar untuk nakhoda. Sedangkan awak kapal akan didenda maksimal RM500 ribu atau Rp174 juta. Selain itu juga akan dihukum penjaa 6 bulan hingga 1 tahun jika divonis bersalah.

***

Editor: Asrul R

SebelumnyaGeram Tidak Direalisasi, APD Kabupaten Blitar Surati Presiden
SelanjutnyaKetua DPRD Kota Batam Menyambut Baik Kehadiran SMSI

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin