Beranda Kepulauan Riau Tanjungpinang

Gubernur Kepri Ingin Tanjungpinang Jadi Kota yang Selalu Dirindukan

8
0
Gubernur Kepri
Gubernur Kepri, Ansar Ahmad menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba fi acara penutupan Festival Kopi Merdeka 2023 di Jalan Merdeka Tanjungpinang, Minggu (27/8/23). (F: barakata.id/ist)
- Advertisement -
DPRD Batam

Barakata.id, Tanjungpinang- – Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad menginginkan Tanjungpinang- menjadi kota yang selalu dirindukan.Hal itu disampaikan nya saat menghadiri malam penutupan Festival Kopi Merdeka 2023 di Jalan Merdeka Tanjungpinang, Minggu (27/8/23).

Festival yang digelar selama empat hari sejak 24 hingga 27 Agustus 2023 ini merupakan bagian dari Tanjungpinang Fest 2023 dan telah memasuki tahun kedua penyelenggaraannya.

- Advertisement -

Tanjungpinang Fest yang merupakan kolaborasi antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri, Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang, Karang Taruna Kepri, dan Komunitas Kedai Kopi itu telah ditetapkan masuk dalam program Kharisma Event Nusantara (KEN) 2023 oleh Kemenparekraf RI.

BACA JUGA : Pulau Penyengat Masuk Daftar 75 Desa Wisata Terbaik Indonesia

Di depan ribuan masyarakat yang tumpah ruah menghadiri acara itu, Ansar mengucapkan selamat dan sukses atas terselenggaranya Festival Kopi Merdeka tahun 2023 ini sempena bulan kemerdekaan. Ia menilai bahwa kegiatan ini sebagai bentuk pelestarian nilai-nilai budaya yang berkembang di Kepri sejak dulu, dan menjadi modal untuk terus mempertahankan keberagaman dalam bingkai persatuan.

“Semoga kegiatan ini tetap berkelanjutan di tahun-tahun mendatang, serta menjadi icon dalam dunia pariwisata Kepri. Ingatlah bahwa potensi sumber daya alam dapat habis dan terkikis tetapi potensi pariwisata dan budaya dapat berkembang dan lestari,” ujarnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih khususnya bagi masyarakat Kota Tanjungpinang yang telah memberikan dukungan penuh dalam upaya merevitalisasi Tanjungpinang ini sebagai ibukota provinsi Kepri. Ansar mengaku merasa miris kalau ibukota provinsi Kepri justru di bawah Kota Batam dan Kabupaten Bintan yang lebih dikenal oleh masyarakat Indonesia dan bahkan masyarakat di mancanegara.

“Padahal Tanjungpinang ini adalah ibukota Provinsi Kepulauan Riau,” katanya.

“Mari kita bersihkan Kota Tanjungpinang ini sebersih-bersihnya. Jangan ada rumput-rumput liar di tepian jalan, jangan ada baliho-baliho yang berserakan tanpa diatur oleh pemerintah daerah dengan baik karena kota ini harus menjadi kota kecil yang indah cantik dan dirindukan oleh siapapun,” kata dia.

BACA JUGA : Wajah Kota Lama Tanjungpinang Kian Bedelau

Pada kesempatan itu, Ansar pun menyerahkan langsung hadiah pemenang lomba band, vokal grup, Merdeka Fashion Week, lomba foto Instagram dan video pendek. Ia emudian menyerahkan plakat kepada inisiator Festival Kopi Merdeka dan Bubuk Kopi Legenda Tanjungpinang Kapal Tanker, juga ikut serta bersulang 1000 cangkir kopi bersama masyarakat.

Acara Festival Kopi Merdeka 2023 diisi dengan berbagai kegiatan menarik seperti pameran produk kopi lokal, workshop kopi, talkshow kopi, demo barista, lomba band, vokal grup, merdeka fashion week, lomba foto instagram dan video pendek, serta hiburan musik dari artis lokal dan nasional.

Festival Kopi Merdeka 2023 ini bertujuan untuk mengangkat potensi kopi lokal Kepri, khususnya Tanjungpinang, yang memiliki cita rasa khas dan bersejarah. Salah satu produk kopi lokal yang menjadi ikon Tanjungpinang adalah Bubuk Kopi Legenda Tanjungpinang Kapal Tanker yang sudah berdiri sejak tahun 1950-an.

Festival ini juga diharapkan dapat meningkatkan minat masyarakat terhadap kopi, baik sebagai konsumen maupun pelaku usaha, serta mempromosikan Tanjungpinang sebagai destinasi wisata kuliner dan budaya. (ron)

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini