Home Kepulauan Riau Anambas

Zona Covid-19 Kepri: Lima Daerah Oranye, Dua Kuning

Imam Masjid Kepri
Sekda Kepri yang juga Ketua Harian Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kepri, TS Arif Fadillah.

Barakata.id, Tanjungpinang – Kasus penyebaran Covid-19 di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) masih tinggi. Berdasarkan zona Covid-19, dari tujuh daerah kabupaten dan kota di Kepri, lima daerah masuk zona oranye, atau satu tingkat di bawah zona merah.

Sementara dua daerah lagi masih termasuk dalam zona kuning. Tidak adanya daerah zona hijau di Kepri menunjukkan bahwa mata rantai penyebaran virus corona di provinsi yang berbatasan dengan negara Singapura dan Malaysia itu masih jauh dari kata aman.

Berdasarkan data Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Kepri, lima daerah yang masuk zona oranye adalah Kota Batam Tanjungpinang, Kabupaten Bintan, Karimun dan Natuna. Sedangkan dua daerah masuk zona kuning yakni Kabupaten Lingga dan Kepulauan Anambas.

“Zona oranye itu maksudnya risiko penularan sedang, sedangkan zona kuning risiko penularan rendah,” kata Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kepri, Tengku Said Arif Fadillah di Tanjungpinang, kemarin.

Baca Juga : Empat Pejabat Pemko Tanjungpinang Positif Covid-19, Satu Meninggal

Dikutip barakata.id dari laman Gugus Tugas Covid-19 Kepri, Selasa (2/1/21), total kasus warga terkonfirmasi positif corona per 31 Januari 2021, tercatat sebanyak 8.119 kasus dengan penambahan kasus baru sebanyak 67 orang.

Dari jumlah itu, sebanyak 7.121 pasien dinyatakan sembuh dengan penambahan pasien sembuh 65 orang, sedangkan pasien yang meninggal dunia ada 2019 orang.

Dilihat berdasarkan tujuh daerah di Kepri, kasus Covid-19 terbanyak ada di Kota Batam yakni 5.686 orang. Berikut data sebaran kasus Covid-19 di Kepri per daerah:

Baca Juga : Rudi Titip ke RT/RW untuk Putus Mata Rantai Covid-19

Zona Oranye

  1. Kota Batam, total kasus 5.686 orang, sembuh 4.917, meninggal 145.
  2. Kota Tanjungpinang, total kasus 1.272 orang, sembuh 1.168, meninggal 24.
    3. Kabupaten Bintan, total kasus 529 orang, sembuh 475, meninggal 12.
    4. Kabupaten Karimun, total kasus 400 orang, sembuh 347, meninggal 16.
    5. Kabupaten Natuna, total kasus 89 orang, sembuh 84, meninggal 1.

Zona Kuning

1. Kabupaten Lingga, total kasus 40 orang, sembuh 34, meninggal 2.
2. Kabupaten Kepulauan Anambas, total kasus 103 orang, 96 sembuh, dan 1 meninggal.

Arif Fadillah mengatakan, dengan masih tingginya kasus Covid-19 di Provinsi Kepri diharapkan seluruh masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

“Kami mengajak masyarakat untuk meningkatkan kesadaran diri dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dalam beraktifitas. Tetaplah menggunakan masker, rajin mencuci tangan dan jaga jarak saat berinteraksi,” kata dia.

*****

Editor : YB Trisna

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin