Ziarah ke Makam Nong Isa, Merenungkan Perjalanan Panjang Batam

41
Wali Kota Batam Muhammad Rudi menaburkan bunga di makam Nong Isa, Kamis (17/12/2020). (F: Humas Pemko Batam)

Barakata.id- Seperti tahun-tahun sebelumnya, HUT Batam tahun ini diisi dengan ziarah ke makam zuriat Nong Isa. Ziarah ini, merupakan salah satu upaya untuk merenungkan perjalanan panjang Batam.

Wali Kota Batam Muhammad Rudi dan Wakil Wali Kota Batam Amasakar Achmad hadir dalam ziarah ke makam zuriat Nong Isa ini, Kamis (17/12/2020).

Baca Juga:
HUT Batam ke-191 Diramaikan 6 Event, KSM Salah Satunya

Tak langsung ke makam, acara diawali dengan tahlil dan doa arwah di Masjid At Taqwa di Kampung Pantai Nongsa. Setelah itu ada pembacaan sinopsis sejarah Raja Isa.

Raja Isa Ibni Raja Ali Marhum Pulau Bayan yang Dipertuan Muda V (Nong Isa) adalah putra dari Rajai Ali Marhum Pulau Bayan yang Dipertuan Muda V. Raja Isa atau Nong Isa memiliki dua istri. Salah satunya Raja Wok Ibni Raja Abdullah.

Dalam literatur sejarah, Nong Isa memegang perintah atas Nongsa dan Rantaunya selama lima tahun. Perintah itu dikeluarkan oleh Komisaris General sekaligus Residen Riau atas nama Sultan Abdul Rahman Syah (1812-1832) dan yang Dipertuan Muda Riau VI Raja Jakfar (1808-1832) pada 22 Jumadil Akhir 1245 H bertepatan dengan 18 Desember.

Nong Isa kemudian meninggal dunia di hulu Sungai Nongsa pada tahun 1831. Berdasarkan sejarah tersebut, maka tanggal 18 Desember ditetapkan sebagai peringatan hari jadi Batam. Ketentuan itu diatur dalam Perda Hari Jadi Batam Nomor 4 Tahun 2009.

Rudi mengatakan, ziarah ini harus dimaknai sebagai perenungan kembali. Mengingatkan panjangnya jalan yang sudah dilalui Kota Batam.

“Nong Isa sudah memberi dasar bagi Batam. Sekarang kita bersama melanjutkan pembangunan, membawa Batam tumbuh jadi kota madniri, kuat, sehat dan berdaya saing tinggi,” ujarnya.

Ketua Perhimpunan Zuriat Raja Riau Lingga Kota Batam, Raja Gani menyampaikan terimakasih kepada Pemko Batam beserta jajaran OPD.

Baca Juga:
Ziarah Ke Makam Nong Isa, Melawan Lupa Lahirnya Batam

“Kami berterimakasih, setiap tahunnya Pemko Batam setia memberikan bantuan untuk perhelatan ziarah zuriat makam Nong Isa,” ujarnya.

Dalam ziarah tersebut, turut hadir Sekretaris Daerah Kota Batam Jefridin Hamid, seluruh pimpinan organisasi perangkat daerah Kota Batam, dan seluruh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah dan tokoh-tokoh Lembaga Adat Melayu.

***

Editor: Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin