Home Gaya Kesehatan

Yuk, Mulai Mencintai Diri Sendiri

67
Mencintai Diri Sendiri
Ilustrasi. Mulailah mencintai diri sendiri dengan cara-cara sederhana, salah satunya dengan memaafkan diri sendiri (F: Inspiringtips)

Barakata.id, Batam – Mencintai diri sendiri merupakan hal penting yang mestinya dilakukan sebelum mencintai orang lain. Mencintai diri sendiri berarti menghargai diri dan potensi yang kita miliki.

Dengan mencintai diri sendiri, seseorang akan mampu melewati titik terendah dalam hidupnya.

Banyak cara untuk mencintai diri sendiri. Bisa dengan menghadiahi diri sendiri.

Baca Juga :
10 Kebiasaan yang Dilakukan Pasangan Bahagia Sebelum Tidur

Meluangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang mengisi jiwa dan lain sebagainya. Masing-masing orang punya cara yang berbeda untuk itu.

Namun bagi Anda yang masih belum mengerti cara mencintai diri sendiri, panduan singkat yang dilansir dari Inspiringtips ini bisa dicoba.

1. Dengarkan dirimu

Pikiran adalah alat yang paling kuat untuk menjaga diri tetap tenang dan damai. Dengan mendengarkan diri sendiri maka kita akan belajar memahami dan mengungkap semua pikiran, emosi dan keinginan.

Luangkan waktu untuk memproses perasaan. Apa yang membuatmu bahagia dan bersyukur? Atau Anda ingin menjadi apa di masa depan?

Hanya dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan itu Anda akan tahu akan jadi pribadi yang seperti apa dan memahami apa yang akan membuat Anda merasa positif. Memang tak mudah, meditasi bisa menjadi salah satu cara yang bisa dipraktikkan untuk mendengarkan diri sendiri.

2. Jaga dirimu

Menjaga diri untuk tetap sehat dan terawat adalah salah satu syarat untuk mencintai diri sendiri. Lakukan olahraga, pergi ke salon atau spa, makan makanan enak, serta lakukan interaksi yang sehat dengan orang-orang yang dicintai.

3. Berhenti membandingkan

Saat ini sangat mudah untuk membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Cukup buka gawai, buka media sosial, Instagram atau Facebook.

Lalu tanpa sengaja melihat foto teman beli mobil atau rumah baru, Anda langsung merasa kasihan pada diri sendiri. Semua orang tampaknya menjalani hidup yang sempurna, sementara Anda masih saja rebahan di kasur sambil menyaksikan kehidupan mereka yang terungkap di layar gawai.

Kedengarannya menyedihkan? Itu karena memang benar.

Ketika membandingkan diri sendiri dengan orang lain, kita membuka diri terhadap pikiran yang mencela diri sendiri. Maka dari itu stop membandingkan diri sendiri dengan orang lain.

Fokuslah pada kemajuan Anda sendiri. Anda tidak sedang berada di linimasa yang masa dengan orang lain.

Anda punya kehidupan Anda sendiri yang tak kalah membanggakan, tergantung dari sisi mana melihatnya.

4. Maafkan dirimu

Sebagai manusia kita rentan terhadap keputusan yang buruk. Memang kita harus selalu bertanggung jawab atas tindakan kita, termasuk keputusan-keputusan buruk yang kita ambil.

Tapi kita juga harus bisa memaafkan diri sendiri. Kesalahan adalah hal alami. Jadi cobalah untuk tak terlalu keras pada diri sendiri.

Kesalahan bukan berarti Anda telah gagal. Tapi itu berarti Anda dapat mencobanya lagi lain kali dengan cara yang berbeda.

5. Punya batas

Menetapkan batas sangat diperlukan untuk mencintai diri sendiri. Tak semua hal yang ditawarkan harus di ‘ya’ kan.

Jangan menerima sesuatu karena Anda takut melukai orang lain jika menolaknya. Ada beberapa hal yang tidak selalu bisa Anda terima. Itu tidak-apa.

Itu bagian dari proses memahami apa yang menjadi kebutuhan Anda. Dalam hubungan dengan orang lain misalnya, ketika Anda merasa hal itu akan membahayakan diri Anda, tidak apa-apa untuk mengatakan “ini sudah cukup” lalu meninggalkannya.

Orang yang tak memiliki batas cenderung disalahgunakan. Baik secara emosional maupun fisik.

Dengan menunjukkan batasan kepada orang-orang Anda memberi tahu mereka bagaimana Anda ingin diperlakukan. Ini berlaku untuk hubungan apa pun, baik dengan kolega, keluarga, kekasih atau teman.

6. Berinvestasi untuk pengembangan diri

Sebagai orang yang mencintai diri sendiri, Anda harus senang dengan kemajuan diri sendiri.

Mulailah proses pengembangan diri melalui intospeksi. Tanyakan apa yang menjadi tujuan atau ingin menjadi siapa di masa depan.

Kemudian pikirkan langkah apa yang harus diambil untuk mencapainya. Jika sudah menemukan jawabannya teruslah berlajar. Upgrade diri sendiri agar menjadi orang yang layak untuk mencapai keinginan-keinginan itu.

Baca Juga :
Perempuan Cerdas Bisa Bikin Lelaki Panjang Umur

7. Hidup dengan sengaja

Hidup dengan sengaja adalah hidup dengan tujuan. Anda dapat mulai dengan hidup bermakna sebagai satu-satunya tujuan Anda.

Rancang hidup Anda dengan hal-hal yang membuat Anda bahagia. Percayalah Anda akan jauh lebih bisa menerima diri sendiri lengkap dengan kekurangan dan kelebihannya.

*****

Editor : Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin