Home Gaya Yuk Manfaatkan Kosmetik Rusak dan Kedaluwarsa

Yuk Manfaatkan Kosmetik Rusak dan Kedaluwarsa

Ilustrasi. Pecinta make up seringkali membeli banyak produk, sehingga beberapa diantaranya tak sempat terpakai dan kedaluwarsa. (F :Cultbeauty.com)

Barakata.id – Banyak penggemar kecantikan yang tak tahan melihat produk-produk baru. Itu sebabnya banyak produk kosmetik yang jadi nganggur setelah dibeli. Bahkan kedaluwarsa meskipun baru sedikit dipakai. Kalau sudah begini jangan buru-buru dibuang.

Dilansir dari berbagai sumber, make up yang sudah kadaluawarsa atau rusak masih bisa dimanfaatkan lho. Yuk simak caranya.

Lipstik

Lipstik ini adalah salah satu kosmetik yang paling banyak dikoleksi oleh pecinta make up. Punya satu warna lipstik memang tak akan cukup. Karena wanita butuh gonta ganti gaya dengan banyak warna. Tapi inilah yang menyebabkan lipstik jadi item yang paling sering terbuang karena kedaluwarsa, padahal isinya masih banyak.

Baca Juga:
Sukses Bisnis Fesyen, Kanye West Rambah Kosmetik

Eit, tapi jangan langsung buang lipstik tersebut. Lipstik yang kadaluwarsa memang tak aman lagi diaplikasikan di bibir. Anda bisa menggunakannya sebagai instan blush atau corrector saat melakukan make up. Misalnya di bawah mata dan dark spot. Untuk terlihat glossy eyelid, Anda juga bisa menambahkan lipgloss sebagai aplikator pada mata.

Jika lipstik itu sudah meleleh, bisa juga dimanfaatkan untuk mempercantik kuku. Caranya dengan mencampurkan top coat atau kutek bening.

Cat Kuku

Jangan pakai lagi cat kuku yang kadaluwarsa untuk kuku. Karena bisa menyebabkan kuku dan kulit jadi rusak dan iritasi. Anda bisa memanfaatkan cat kuku ini untuk melukis atau mewarnai. Banyak barang yang akan terlihat jauh lebih menarik dengan sapuan tipis cat kuku ini. Misalnya aksesoris rambut, kunci dan pernak-pernik lainnya.

Maskara

Maskara yang kedaluwarsa memang tak boleh digunakan lagi. Sebab akan menyebabkan mata iritasi. Bahkan seringkali make up yang satu ini kering meskipun belum kedaluwarsa. Kalau kondisinya seperti itu tentu sudah tak bisa dipakai lagi. Tapi Anda bisa memanfaatkan brushnya.

Baca Juga:
5 Alasan Mengapa Tabir Surya Harus Jadi Prioritas

Bersihkan brush maskara agar bisa dipakai merapikan alis atau bulu mata. Menyapukan brush maskara kering akan mengurangi gumpalan maskara. Brush maskara bekas ini juga bisa dipakai untuk membersihkan kotoran di bawah kuku dan sela-sela sisir rambut.

Anda juga bisa memanfaatkan brush bekas ini untuk mengaplikasikan lip scrub, sehingga optimal mengangkat sel kulit mati.

Toner

Sebagian besar toner wajah memiliki kandungan alkohol. Itu sebabnya toner kedaluwarsa bisa dimanfaatkan untuk membersihkan kaca, meja, lantai dan perabot rumah tangga. Toner juga bisa dipakai untuk membersihkan sela-sela make up palette.

Untuk toner yang tak mengandung alkohol, Anda bisa memanfaatkannya untuk membersihkan tas, sepatu kulit atau furnitur berbahan kayu agar lebih mengkilap. Tapi sebelum menggunakannya, pastikan toner yang Anda pakai bukan toner yang berfungsi untuk memutihkan.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin