Home Kepulauan Riau Batam Wawako Amsakar Ajak Masyarakat Batam Berzakat

Wawako Amsakar Ajak Masyarakat Batam Berzakat

2
Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad menunaikan zakat mal melalui Baznas Batam, Rabu (5/5/21). (F: Humas Pemko Batam)
Himbauan Pemprov Kepri

Ikuti kami di Google Berita

Barakata.id, Batam- Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad mengajak masyarakat muslim di Batam untuk berzakat. Sehingga manfaat dari zakat ini bisa dirasakan oleh yang berhak menerima zakat.

Amsakar mengatakan, berzakat berarti juga mendukung gerakan cinta zakat yang diresmikan secara nasional oleh Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu.


Geraka  tersebut sebagai upaya untuk mendorong partisipasi masyarakat untuk berzakat, infak dan sedekah dan memastikan disalurkan secara tepat sasaran.

Baca Juga:

“Semoga gerakan cinta zakat ini bisa memberikan keberkahan bagi kita semua dan tentunya Kota Batam yang kita cintai,” ujarnya, Rabu (5/5/21).

Pemerintah Kota (Pemko) Batam sendiri juga mendorong seluruh Apratur Sipil Negara (ASN) untuk menyalurkan zakatnya melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Batam.

Zakat lewat Baznas diharapkan lebih transparan dan lebih mudah pertanggungjawabannya kepada muzakki. Kepada Baznas, Amsakar berpesan untuk mengelola zakat dengan baik dan menyalurkan kepada orang-orang yang tepat. Sehingga manfaatnya terasa bagi yang menerimanya.

Amsakar juga meminta Baznas lebih memperhatikan anak-anak hafiz Al Quran dan para mualaf. Tak hanya itu, tapi juga memberikan pembinaan terhadap para mualaf.

Selain itu juga diminta untuk membantu orang-orang yang sakit tapi tak punya biaya.

“Pada dasarnya itulah fugsi zakat, di mana sebagian harta kita ini milik orang lain,” kata Amsakar.

Tak hanya mengajak berzakat, Amsakar juga mencontohkan demgan menyalurkan zakat mal melalui Baznas. Harta kekayaan yamg dka keluarkan zakatmya itu sesuai dengan yang dilaporkannya dalam Laporan Harta Kekayaan Negara (LKHN). Amsakar mengaku lega sudah mengeluarkan kewajibannya.

Sehari sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam Jefridin Hamid juga telah menunaikan zakat mal melalui Baznas Kota Batam. Kepada masyarakat muslim di Batam, Jefridin mengajak untuk berzakat mal.

“Agar menyucikan harta dan semoga kita mendapat keberkahan,” kata Jefridin.

Baca Juga:

Berdasarkan data yang dimiliki Baznas Kota Batam, kesadaran membayar zakat terus membaik. Penghimpunan zakat pun terus meningkat tiap tahun, bahkan tiap bulan.

“Biasanya Rp300 juta setiap bulan, saat ini meningkat menjadi Rp600 juta setiap bulan,” kata
Wakil Ketua I Baznas Kota Batam, Ahmad Fahmi.

Peningkatan itu, diakui Fahmi juga merupakan andil Wali Kota Batam Muhammad Rudi yang mendorong ASN yabg beragama muslim untuk menyalurkan zakatnya melalui Baznas Batam. Tak hanya ASN Pemko Batam tapi juga di lingkungan BP Batam.

***

Editor: Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin