Home Kepulauan Riau

Waspada, Virus Corona Varian Baru B117 Sudah Masuk Kepri

Corona Varian Baru B117
Satgas Covid-19 Kepri mendeteksi virus corona varian baru B117 sudah masuk ke Batam dan Tanjungpinang. (Foto ilustrasi)
Himbauan Pemprov Kepri

Barakata.id, Tanjungpinang – Varian baru virus corona yakni B117 diketahui sudah masuk ke wilayah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Untuk itu, masyarakat Kepri diminta lebih waspada dan selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kepri, Bisri mengatakan, virus corona varian baru B117 yang berasal dari Inggris itu terdekteksi masuk Kepri melalui Kota ke Batam dan Kota Tanjungpinang. Berdasarkan catatan Satgas Covid-19 Kepri, varian B117 sudah menginfeksi warga Tanjungpinang dan Batam berdasarkan hasil penelitian tim ahli dari Kementerian Kesehatan.

“Uji sampel terhadap 10 dari 1.000 pasien COVID-19 ditemukan beberapa di antara pasien itu tertular B117,” ujar Bisri di Tanjungpinang, kemarin.

BACA JUGA : Pasien Covid-19 Kepri Tambah Lagi 247 Orang, 7 Meninggal

Bisri tidak dapat menjelaskan lebih terperinci siapa yang pertama kali terinfeksi B117. Namun, kecurigaan varian baru itu sudah masuk ke Kepri, khususnya Batam dan Tanjungpinang, sudah pernah disampaikannya sejak awal April 2021.

Menurut Bisri, varian B117 jauh lebih agresif dibanding Covid-19 yang umumnya menginfeksi warga. Karena itu, masyarakat harus lebih waspada, dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Kita harus lebih waspada, penularan virus corona ini mulai April 2021 sampai sekarang begitu cepat,” kata dia.

Selain itu, vaksinasi juga harus lebih massif untuk meningkatkan imun tubuh masyarakat dari serangan Covid-19. Masyarakat yang sudah disuntik vaksin dapat tertular jika tidak menerapkan protokol kesehatan, namun gejalanya jauh lebih ringan dibanding warga yang belum divaksinasi.

BACA JUGA : Varian Baru COVID-19, Pemerintah Tutup Sementara Bagi Semua WNA ke Indonesia

“Saat ini, jumlah warga Kepri yang sudah divaksinasi 10,9 persen dari target 1,4 juta orang. Juni 2021, ditargetkan mencapai 50 persen,” ujarnya.

Jumlah kasus aktif Covid-19 di Kepri hingga saat ini tercatat lebih dari 2.000 orang, paling banyak di Kota Batam dan Tanjungpinang.

“Daerah lainnya seperti Anambas, Karimun, Lingga, Bintan, dan Natuna juga mengalami kenaikan jumlah pasien Covid-19, namun tidak setinggi di Tanjungpinang dan Batam,” pungkas Bisri.

*****

Editor : YB Trisna

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin