Home Gaya Kesehatan

Waspada, Ternyata Tidur Tengkurap itu Bahaya

35
Tidur Tengkurap Bahaya
Ilustrasi. Tidur tengkurap ternyata berbahaya bagi kesehatan. (F: Freepik)

Barakata.id- Banyak orang punya pose aneh saat tidur, Tengkurap salah satunya. Tapi ternyata tidur tengkurap itu bahaya bagi kesehatan.

Mungkin tidur tengkurap memang nyaman, tapi kebiasaan buruk itu ada efek negatifnya. Dilansir dari laman Heathline, tidur tengkurap bahaya karena bisa memicu cedera. Sebab, tubuh membebani leher dan punggung.

Selain bisa bikin cedera, tidur tengkurap juga bikin tulang belakang menegang. Hal itu memicu rasa sakit di seluruh tubuh. Mulai dari persendian, punggung sampai leher.

Baca Juga:
4 Manfaat Angkat Kaki ke Dinding Sebelum Tidur, Yuk Dicoba

Menurut laporan Sleep advisor, tulang belakang yang menegang itu karena sebagian besar tubuh bertumpu pada tulang belakang. Tidur tengkurap ini juga bisa menyebabkan sensasi kesemutan atau mati rasa yang mengganggu.

Tidur tengkurap juga bisa menyebabkan masalah pada leher. Itu karena saat tidur kepala harus menoleh ke satu sisi agar bisa bernapas.

Jika terus-terusan seperti itu, leher bisa bengkok. Tulang kepala dan leher tak sejajar. Lama-lama kondisi itu bisa menyebabkan saraf terjepit dan iritasi pada saraf.

Baca Juga:
10 Kebiasaan yang Dilakukan Pasangan Bahagia Sebelum Tidur

Apalagi, bagi wanita hamil. Tidur tengkurap harus dihindari. Sebab, tidur tengkurap membuat beban tubuh berfokus pada bagian tengah. Ini meningkatkan tarikan tulang belakang dan memicu nyeri punggung akut.

Orang hamil disarankan tidur dengan posisi menghadap ke kiri. Dari riset beberapa penelitian para ahli, tidur dengan posisi miring ke kiri akan meningkatan aliran darah yang sehat. Suplai oksigen untuk janin pun lancar.

****

Editor: Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin