Waspada, Kasus Positif Corona di Batam Naik Lagi

1001
Himbauan Pemprov Kepri

Ikuti kami di Google Berita

Muhammad Rudi
Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batam, Muhammad Rudi. (F: barakata.id)

Sementara itu, untuk pasien positif Covid-19 kasus nomor 35, adalah DD, usia 57 tahun dengan alamat tempat tinggal di kawasan Bengkong Sadai, Batam. Pasien ini telah meninggal dunia pada Sabtu (2/5/20) pukul 03.10 WIB, atau atau sebelum hasil pemeriksaan swab diterima oleh Gugus Tugas Covid-19.

Pasien ini pada hari Jumat, tanggal 1 Mei 2020 masuk ke IGD RS swasta di kawasan Batam Centre karena mengalami keluhan demam yang naik turun, batuk kering, lidah terasa pahit dan sesak napas disertai nafsu makan yang berkurang.


Sebelumnya, pada 28 April, ia pernah dirawat di salah satu rumah sakit di kawasan Lubukbaja dengan keluhan yang sama. Setelah dilakukan pemeriksaan RDT dengan hasil non reaktif, pasien ini dirawat dengan status Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Baca Juga :
Jumat Berkah, 8 Pasien Corona di Batam Sembuh Sekaligus

Karena kondisi kesehatannya terus membaik, pasien kemudian atas permintaan sendiri keluar dari rumah sakit dan pulang ke rumahnya untuk melakukan karantina mandiri pada tanggal 30 April 2020.

Kemudian, tanggal 1 Mei 2020, ia masuk ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) di rumah sakit di kawasan Batam Centre karena mengalami sakit demam naik turun, batuk kering, lidah terasa pahit dan sesak napas. Pihak rumah sakit kemudian melakukan perawatan diruang isolasi, dan dilakukan pemeriksan Diagnostic Rontgen Thorak yang hasilnya dinyatakan Pneumonia, DD/Kongestif Pulmonum dan Cardiomegaly.

Setelah itu juga dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan terhadap pasien. Selama dalam perawatan, kondisi kesehatan pasien semakin memburuk dan akhirnya dinyatakan meninggal dunia pada hari Sabtu, 2 Mei 2020.

Mengingat riwayat kesehatan yang dimiliki pasien, maka pemulasaran jenazahnya dilakukan secara protokol Covid-19. Pada Selasa (5/5/20), hasil pemeriksaan swab pasien DD keluar dengan kesimpulan positif Covid-19.

Baca Juga :
Dua Lagi Pasien Corona di Batam Sembuh

Setelah hasil itu diketahui, tim selanjutnya melakukan tracing terhadap orang-orang yang pernah kontak dengan pasien kasus nomor 35 ini.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi mengimbau kepada semua warga Batam untuk tetap waspadai dan mematuhi anjuran pemerintah untuk mencegah penyebaran virus corona. Ia menegaskan, “perang” melawan Covid-19 belum selesai.

“Kita harus bersatu untuk melawan Covid-19 ini. Patuhi selalu protokol keselamatan, gunakan masker jika beraktivitas di luar rumah. Hindari kerumunan dan keramaian, selalu cuci tangan dengan sabun, jaga kesehatan dengan rutin olahraga, istirahat dan tidur yang cukup,” katanya.

*****

Editor : Yuri B Trisna

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin