Home Warta Nusantara

Waspada, Dua Warga Indonesia Positif Virus Corona

117
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi dan Menkes Terawan menyatakan ada dua orang warga Indonesia positif virus corona. Keduanya kini dirawat di rumah sakit di Jakarta. (F: IST)

Barakata.id, Jakarta – Dua warga Indonesia dinyatakan positif terpapar virus corona atau Covid-19. Keduanya berdomisili di Depok, Jawa Barat.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam keterangan resminya menyatakan, kedua orang itu adalah seorang perempuan berusia 64 tahun dan putrinya yang berusia 31 tahun.

Baca Juga :
IDI: Tak Ada Jaminan Indonesia Terbebas Virus Corona

Jokowi mengatakan, ibu dan anak itu tertular virus corona dari seorang warga Jepang yang kini berada di Malaysia. Kini, keduanya sedang dirawat di Rumah Sakit Sulianti Saroso, Jakarta.

“Tapi perlu saya sampaikan bahwa sejak awal pemerintah benar-benar mempersiapkan. Persiapan rumah sakit lebih dari 100 dengan ruang isolasi dengan standar isolasi yang baik,” katanya dilansir dari laman resmi presidenri, Senin (2/2/20).

Jokowi memastikan, kedua pasien positif virus corona tersebut saat ini mendapat perawatan dengan pengamanan intensif.

Baca Juga :
Ancaman Virus Corona Naik ke Level Maksimum

Selain itu, pemerintah juga membentuk tim gabungan yang terdiri atas TNI, Polri, pihak sipil, dan pihak terkait lainnya dalam menangani wabah virus tersebut. Hal itu termasuk pada anggaran yang secara khusus dialokasikan untuk segala upaya pencegahan dan penanganan.

“Kita juga memiliki anggaran dan ini juga diprioritaskan untuk menangani ini. Karena kalau kita tidak serius menangani ini akan sangat berbahaya karena memang penyakit ini perlu kita waspadai dan perlu hati-hati,” kata dia.

Menteri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto menambahkan, kedua orang positif virus corona itu tertular di Depok, Jawa Barat. Kini, keduanya menjalani perawatan di ruang khusus di Rumah Sakit Sulianti Saroso, Jakarta.

“Di rawat di ruang khusus yang tidak terkontak dengan yang pasien lain,” tegasnya.

Terawan mengatakan, kedua pasien terdeteksi per 1 Maret 2020. Keduanya tertular setelah melakukan kontak dengan orang Jepang yang berkunjung ke Indonesia.

“Minggu yang lalu ada informasi bahwa ada orang Jepang yang ke Indonesia kemudian tinggal di Malaysia dan dicek di sana ternyata positif corona, tim dari Indonesia langsung menelusuri orang Jepang ini ke Indonesia bertamu ke siapa, bertemu dengan siapa, ditelusuri, dan ketemu,” ucapnya.

“Sudah ditemukan, ternyata orang yang telah terkena virus corona ini berhubungan dengan dua orang, seorang ibu yang umurnya 64 tahun dan putrinya yang berumur 31 tahun. Dicek oleh tim kita, ternyata pada posisi yang sakit. Tadi pagi saya mendapatkan laporan dari Pak Menteri Kesehatan bahwa ibu ini dan putrinya positif kcorona,” sambung Presiden Jokowi.

*****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin