Home Kepulauan Riau Waspada, Cuaca Ekstrem Landa Wilayah Kepri

Waspada, Cuaca Ekstrem Landa Wilayah Kepri

Ilustrasi. Hujan disertai petir

Batam – Masyarakat Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) diingatkan agar mewaspadai cuaca ekstrem yang saat ini melanda wilayah tersebut. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) memperkirakan kondisi cuaca di Kepri berawan hingga terdapat potensi terjadi hujan lebat disertai petir dan angin kencang.

Forecaster BMKG Hang Nadim Batam, Asri Pratiwi mengatakan, dari pantauan satelit peramal cuaca (forecaster) BMKG Hang Nadim terdapat pola konvergensi yang menyebabkan penumpukan massa udara.

Hal itu mendukung potensi pertumbuhan awan-awan konvektif di sekitar Kepri. Asri memperkirakan cuaca di Kepri secara umum berawan hingga hujan dengan intensitas ringan.

“Tapi juga berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang,” katanya, Senin (3/6/19).

Dua hari ke depan, cuaca di wilayah Kepri diprediksi berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, yang dapat disertai petir dan angin kencang.

“Kami memngimbau masyarakat Kepri agar selalu waspada dan berhati-hati,” kata Asri.

Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di wilayah Tanjungpinang Kota, Tanjungpinang Barat, Tanjungpinang Timur, dan Bukit Bestari. Kemudian berpotensi terjadi di Bintan Pesisir, Bintan Timur, Bintan Utara, Gunung Kijang, Mantang, Sri Kuala Lobam, Teluk Bintan, Teluk Sebong, Toapaya dan sekitarnya.

Selanjutnya, kondisi itu dapat meluas ke wilayah Moro, Tebing, Meral, Meral Barat, Karimun, Buru, Belat, Kundur Barat, Kundur Utara, Ungar, dan Durai di Kabupaten Karimun.

Asri pun mengingatkan kepada nelayan serta operator dan pengguna jasa transportasi laut agar selalu waspada dengan perubahan cuaca yang ekstrem. Buruknya cuaca memungkinkan berkurangnya jarak pandang, dan terjadinya gelombang tinggi di laut terutama di waktu pagi hingga siang hari.

*****

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin