Home Kepulauan Riau Batam Warga Tergusur Pelebaran Jalan Batubesar dapat Kaveling di Nongsa

Warga Tergusur Pelebaran Jalan Batubesar dapat Kaveling di Nongsa

196
Pelebaran Jalan Batubesar
Wali Kota Batam Muhammad Rudi bertemu dengan warga yang terdampak pelebaran jalan Nongsa, Selasa (5/10/21). (F: Humas Pemko Batam)
Himbauan Pemprov Kepri

Ikuti kami di Google Berita

Barakata.id, Batam- Warga yang tergusur akibat pelebaran jalan Batubesar mendapat kompensasi dari Pemerintah Kota (Pemko) Batam. Seperti diketahui di sepanjang jalan Batubesar menuju Polda Kepri itu terdapat banyak kios dan rumah.

Wali Kota Batam Muhammad Rudi bersama Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad turun langsung menemui para pemilik rumah dan kios tersebut, Selasa (5/10/21) di Gor Perumahan Citra Mas, Batubesar, Nongsa.


Dalam pertemuan tersebut, Rudi mengatakan Pemko Batam akan segera memulai pekerjaan proyek pelebaran jalan. Sehingga warga yang menempati kios-kios dan rumah di sepanjang tepi jalan tersebut harus segera pindah.

Baca Juga:

Namun, Rudi meminta warga tak resah dan khawatir terkait kepindahan mereka. Sebab, Tim Terpadu Kota Batam akan membantu penuh terkait kepindahan itu. Sehingga warga tak perlu mengeluarkan biaya.

Warga juga tak perlu khawatir tak punya tujuan tempat untuk pindah. Sebab, pihaknya telah menyiapkan lahan yang juga berada di kawasan Nongsa.

“Setiap kepala keluarga nantinya akan mendapatkan satu kaveling dengan ukuran 4×5 meter,” kata Rudi.

Rudi juga menargetkan sekitar dua pekan ke depan atau akhir Oktober ini legalitas lahan dan fasilitas umum lainnya di lahan tempat pemindahan warga tersebut selesai.

Sehingga pembongkaran kios-kios dan rumah yang akan terkena pelebaran jalan dapat segera dilakukan.

“Saya juga menjamin tidak akan menganggu bapak ibu sekalian jika lahan yang baru nanti legalitasnya belum selesai,” katanya.

Terkait fasilitas penunjang, Pemko Batam juga telah mengusahakannya. Termasuk melakukan koordinasi dengan PLN dan SPAM Batam.

“Untuk listrik, tadi PLN sudah kita ajak untuk membantu supaya biayanya tidak mahal. Kemudian air nanti SPAM Batam akan segera saya panggil juga,” katanya.

Baca Juga:

Rudi menegaskan, pelebaran jalan Batubesar memang sudah waktunya dilakukan. Sebab, pelebaran jalan tersebut sangat berkontribusi dalam rencana pembangunan Kota Batam ke depan.

“Bandara Hang Nadim sudah akan kita bangun, kemudian kalau jadi Nongsa juga akan dibangun sirkuit balap Internasional. Karena itu jalan di sini (Batubesar) harus segera kita mulai juga,” kata Rudi.

Rudi mengatakan pembangunan yang saat ini dilakukan bukan untuk kepentingan pribadinya. Tapi, untuk masa depan anak-anak Kota Batam. Itu sebabnya pihaknya berharap para warga dapat menerima untuk dipindahkan. (asrul)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin