Home Kepulauan Riau Batam

Meski Resesi Warga Singapura Tetap Kurban di Batam

89
Warga Singapura Kurban di Batam
LAZ Batam menyerahkan hewan kurban ke salah satu pesantren yang ada di Batam. Meski resesi tahun ini warga Singapura tetap banyak yang berkurban di Batam. (F: Barakata.id/LAZ Batam)

Barakata.id- Meski negaranya tengah resesi, warga Singapura tetap kurban di Batam. Mereka menyalurkan hewan kurban lewat Lembaga Amil Zakat (LAZ) Batam.

LAZ Batam mencatat tahun ini ada 48 ekor kambing yang berasal dari kurban warga Singapura. Kambing-kambing tersebut kemudian didistribusikan oleh LAZ Batam sebagai hewan kurban di beberapa tempat. Ada yang di masjid, di pulau, pondok pesantren dan panti asuhan.

Direktur LAZ Batam Syarifuddin mengatakan Hari Raya Kurban pihaknya menyalurkan 97 ekor kambing dan 9 sapi. Hari pertama Idul Adha 1441 (10 Dzulhijah) LAZ Batam menyerahkan 48 kambing dan 1 sapi ke Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah di Tanjunguncang.

Baca Juga: Pemko Batam Sebar 35 Ekor Hewan Kurban di Sejumlah Masjid

“Masjid tersebut baru tahun ini menyelenggarakan pemotongan hewan kurban. Sebelumnya hewan kurban di sana ada 4 ekor sapi dan 1 kambing. Mengingat masyarakat di sekitarnya yang perlu dibagi daging kurban sangat banyak, maka kami bawa sebagian hewan kurban ke sana,” tutur Syarif, Sabtu (8/8/20).

Selain dibagikan kepada masyarakat di sekitar masjid, sebagian daging kurban itu didistribusikan ke beberapa panti asuhan dan ke pulau-pulau seperti Pulau Bertam dan Lingka di Belakangpadang, Kampung Baru Galang, dan Teluk Nipah Jembatan 6.

Di hari pertama ini LAZ Batam juga menyalurkan hewan kurban ke Kavling Sambau, Nongsa dan ke Kampung Seraya Batuampar.

Hari kedua, Sabtu (1/8/20) atau 11 Dzulhijah penyaluran hewan kurban dilakukan ke beberapa lokasi. Diantaranya ke Rumah Tahfiz Cinta Quran di Kavling Panglong, Nongsa. Kemudian ke Ponpes Miftahul Huda, Barelang dan ke Pesantren Al Jabar di Bengkong Al Jabar.

“Hari ketiga, Minggu (2/8/20) atau 12 Dzulhijah penyaluran hewan kurban dilakukan di Pulau Selat Desa, Nongsa,” ujarnya.

Baca Juga: Cara Memasak Daging Kurban Agar Tak Bau dan Alot

Menurut Syarif, tahun ini hewan yang disalurkan LAZ Batam memang tak sebanyak tahun lalu. Hal itu bisa dimaklumi mengingat saat ini di mana-mana dilanda pandemi Covid-19. Sehingga beberapa donatur yang biasanya berkurban, tahun ini absen.

Donatur dari Singapura misalnya, di tahun-tahun sebelumnya mereka ramai-ramai ke Batam menyaksikan penyembelihan hewan kurban. Tapi tahun ini mereka cukup berada di negaranya sendiri. Kemudian pihak LAZ Batam melaporkan penyembelihan lewat foto kepada masing-masing yang berkurban.

“Tahun sebelumnya hewan kurban kambing mencapai 80 ekor dari warga Singapura yang kurban di Batam. Tahun ini hanya separo nya saja. Tapi mudah-mudahan hewan kurban yang kami salurkan ini bermanfaat dan tepat sasaran,” ujarnya.

****

Penulis: Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin