Home Kepulauan Riau

Warga Karimun Gelar Aksi Solidaritas untuk Nurdin Basirun

129
Warga Karimun membubuhkan tanda tangan di atas kain sepanjang 25 meter dalam aksi solidaritas untuk Gubernur Kepri, Nurdin Basirun di Coastal Area, Tanjungbalai Karimun, Minggu (14/7/19) sore. (F: Barakata.id/Abdul Gani)

Karimun – Warga Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau (Kepri) menggelar aksi solidaritas untuk Nurdin Basirun, Gubernur Kepri yang ditahan KPK karena kasus dugaan suap dan gratifikasi, Minggu (14/7/19) sore di Coastal Area, Tanjungbalai Karimun. Aksi yang digagas Askar Tanjak Karimun itu mendapat dukungan dari ratusan warga lain yang melintas di kawasan tersebut.

Nurdin Basirun diketahui pernah menjabat sebagai Wakil Bupati Karimun, lalu menjadi bupati selama dua periode, mulai 2005 hingga 2015. Ia kemudian maju di Pemilihan Gubernur Kepri sebagai wakil bersama Muhammad Sani.

Kemudian Nurdin dilantik menjadi gubernur, menggantikan Sani yang meninggal dunia tak lama setelah pelantikan.

Baca Juga : Warga Karimun Kaget, Kok Pak Nurdin Begitu?

Dalam aksi solidaritas tersebut, masyarakat beramai-ramai membubuhkan tanda tangan pada dua kain masing-masing sepanjang 25 meter, sebagai bentuk dukungan moril kepada Nurdin.

“Tadi dapat informasi kalau ada aksi solidaritas untuk Pak Nurdin Basirun. Jadi saya sengaja keluar rumah untuk gabung, berpartisipasi sekalian jalan-jalan sore. Memberikan dukungan bagi putra terbaik Karimun itu,” kata Efendi, warga Karimun yang ikut membubuhkan tanda tangannya.

Ia mengaku mengenal Nurdin sebagai pribadi yang memiliki jiwa sosial tinggi. Karena itu, menurutnyasangat wajar ketika warga memberikan simpati atas masalah yang tengah di hadapi Nurdin Basirun.

“Sebelum jadi pejabat, beliau (Nurdin) sudah jiwa sosial yang tinggi, ringan tangan untuk membantu sesama. Apalagi sejak jadi Wakil Bupati Karimun, lalu menjadi bupati dua perode dan kini sebagai Gubernur Kepri. Kami tidak akan lupa jasa-jasanya. Maka dengan tanda tangan dukungan moril ini, sebagai bentuk bahwa kami percaya bahwa Pak Nurdin dicintai rakyat,” ucapnya.

Warga membubuhkan tanda tangan di atas kain sepanjang 25 meter dalam aksi solidaritas untuk Nurdin Basirun di Coastal Area, Tanjungbalai Karimun, Minggu (14/7/19) sore. (F: Barakata.id/Abdul Gani)

Efendi berharap, Nurdin dapat melalui permasalahan yang tengah dihadapinya. Efendi bahkan menduga, penangkapan erat kaitannya dengan politik.

“Dugaan kami, bahwa peristiwa yang menimpa Pak Nurdin berkaitan dengan persaingan politik. Kan Pilgub Kepri sudah semakin dekat,” katanya.

Ketua Askar Betanjak Karimun, Nurman Angka Putera mengatakan, aksi ini merupakan inisatif mereka dan kelompok masyarakat lainnya di Karimun sebagai bentuk dukungan moril dan memberi semangat kepada Gubernur Kepri.

“Kami yakin Pak Nurdin Basirun tidak bersalah. Kami sangat mencintai beliau. Dia sosok seorang bapak bagi kami, yang bisa mengayomi warganya,” kata Nurman.

Baca Juga : Resmi, Nurdin Basirun Jadi Tersangka Kasus Suap

Dari aksi pembubuhan tanda tangan itu, masyarakat tak lupa menyampaikan pesan untuk Nurdin Basirun.

“Kami akan bawa kain yang sudah berisi tanda tangan dukungan moril ini ke KPK di Jakarta. Kami yakin bahwa Pak Nurdin Basirun tidak bersalah. Ini adalah dukungan masyarakat untuk beliau,” tambahnya.

Meski demikian, lanjut Nurman, pihaknya tetap menyerahkan sepenuhnya proses hukum kepada KPK. Ia berharap aparat penegak hukum benar-benar bekerja dan menuntaskan kasus ini hingga terang benderang.

*****

Reporter : Abdul Gani

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin