Home Kepulauan Riau Batam Warga Batam, Tunggu di Rumah Ya, Petugas Akan Antar Nasi Kotak

Warga Batam, Tunggu di Rumah Ya, Petugas Akan Antar Nasi Kotak

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi

Barakata.id, Batam – Pemerintah Kota dan Badan Pengusahaan (BP) Batam akan membagi-bagikan nasi kotak kepada warga Batam. Pembagian nasi kotak itu sebagai ganti kegiatan Open House yang biasa digelar kepala daerah setiap Hari Raya Idul Fitri.

Mengingat saat ini sedang masa pandemi virus corona (Covid-19) maka acara open house itu ditiadakan. Sebagai gantinya, pemerintah di Batam akan membagi 15.000 nasi kotak, Minggu (24/5/20) atau 1 Syawal 1441 Hijriah.

Baca Juga :
Cara-Cara Sederhana untuk Mencegah Terpapar Virus Corona

Pada pengumuman sebelumnya, pembagian nasi kotak dilakukan terpusat di beberapa titik yang sudah ditetapkan pemerintah. Namun, cara itu dievaluasi karena berpotensi memunculkan kerumunan massa.

“Setelah mempertimbangkan untuk tetap memberlakukan sosial/phsycal distancing serta adanya berbagai masukan, termasuk dari masyarakat melalui media sosial, kita putuskan tidak jadi membagikan ke pengendara di jalan, tapi diantar langsung ke yang membutuhkan,” kata Wali Kota Batam, Muhammad Rudi di Batam Centre, Sabtu (23/5/20).

Baca Juga :
6 Tips Menjaga Kesehatan Mental untuk Menangkal Corona

Rudi mengatakan, pembagian nasi kotak tetap dilakukan di 9 kecamatan pulau utama (mainland). Pihak kecamatan yang akan bertanggung jawab terhadap proses pendistribusian ke warganya.

Selain ke masyarakat umum, nasi kotak ini juga akan dibagikan ke petugas-petugas pelayanan yang masih bekerja di Hari Raya. Antara lain petugas medis di rumah sakit dan petugas kebersihan seperti penyapu jalan.

“Ini juga kita berikan ke mereka yang tidak bisa berlebaran di rumah karena harus bekerja. Seperti petugas di rumah sakit dan sebagainya,” ujarnya.

Baca Juga :
PHK, Kunci Agar Sukses Menghadapi Dampak Covid-19

Sebelumnya diberitakan, wali kota sekaligus Kepala BP Batam serta Wakil Wali Kota Batam meniadakan open house di Lebaran kali ini. Namun kegiatan tersebut dialihkan menjadi pembagian 15 ribu paket nasi kotak Idul Fitri.

Nasi kotak ini semula akan dibagikan ke pengendara yang lalu lalang di sembilan lokasi. Seperti pola drive thru, warga yang lewat hanya mengambil nasi kotak tanpa berhenti lama.

“Kita tidak jadi membagikan di jalan juga dengan harapan masyarakat tetap di rumah saja saat Idul Fitri di tengah pandemi Covid-19 (corona virus disease) ini. Apabila ingin bersilaturahmi, bisa lewat telepon. Atau yang punya fasilitas video call bisa silaturahmi dengan video call,” kata Rudi.

Baca Juga :
Cegah Virus Corona, Ini 7 Cara Hilangkan Kebiasaan Menyentuh Wajah

Dengan demikian, warga Batam tunggu di rumah saja ya. Nanti akan ada petugas yang datang membagikan nasi koyak itu langsung ke rumah.

Ia berharap masyarakat tetap menjalankan imbauan pemerintah dalam upaya percepatan penanganan Covid-19. Upaya memutus mata rantai penyebaran virus corona jenis baru ini tak bisa berhasil tanpa dukungan semua pihak termasuk masyarakat.

*****

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin