Home Kepulauan Riau Natuna

Wan Siswandi Pastikan Natuna Siap Gelar Pilkada 2020

29
Sekda Natuna
Sekda Natuna, Wan Siswandi mengikuti rapat persiapan pilkada 2020, Jumat (16/6/20). (F: Pemkab Natuna)

Barakata.id, Natuna – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Natuna, Wan Siswandi memastikan Natuna siap menggelar Pilkada serentak pada Desember 2020 nanti. Hal itu disampaikannya saat rapat membahas persiapan Pilkada 2020 bersama Sekda Provinsi Kepri, para bupati/wali kota, KPU, dan Bawaslu se-Kepri, Jumat (12/6/20) lalu.

“Kabupaten Natuna sejauh ini sudah melakukan berbagai persiapan yang dibutuhkan, baik secara fasilitas maupun koordinasi lintas sektoral,” kata Wan Siswandi dalam rapat yang digelar melalui video confference tersebut.

Baca Juga :
Bupati Natuna dan Istri Jalani Rapid Test dan Karantina Mandiri

Sekda Kepri, TS Arif Fadillah yang memimpin jalannya rapat itu mengatakan, Provinsi Kepri akan menggelar Pilkada serentak baik Gubernur/Wakil Gubernur maupun di tingkat kabupaten/kota pada tanggal 9 Desember 2020 mendatang.

Adapun persiapan yang telah dilaksanakan dalam rangka persiapan pesta demokrasi tersebut, di antaranya penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) antara Pemprov Kepri dengan KPU dan Bawaslu pada tanggal 12 September 2019. Salah satu poin pentingnya adalah menambah jumlah anggaran operasional yang disebabkan kondisi pandemi Covid-19.

Masih terkait anggaran, Arif Fadillah berharap agar KPU baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota di Kepri segera melakukan revisi pengajuan anggaran. Pasalnya, pengajuan sebelumnya tidak sesuai dengan operasional pelaksanaan Pilkada dengan ketentuan protokoler kesehatan, dimana harus menggunakan berbagai fasilitas pendukung pencegahan Covid-19.

Selain itu, penandatangan NPHD antara Pemprov Kepri dengan Polda Kepri tanggal 14 Februari 2020 lalu, melakukakn Rakor bersama Binda Kepri terkait rencana bidang pengamanan, membentuk Desa Pilkada 2020, melakukan koordinasi dengan berbagai instansi terkait, mengingat pelaksanaannya nanti akan menerapkan protokol kesehatan Covid -19.

Hal senada juga disampaikan Ketua KPU Provinsi Kepri, Sriwati. Ia mengatakan engenai masalah anggaran Pilkada serentak, antara pemerintah daerah, KPU, Bawaslu dan pihak terkait akan segera melakukan pembahasan lebih terperinci.

“Hal ini menjadi penting mengingat sebagian besar kabupaten/kota mengalami devisit anggaran yang dialihkan kepada pemerintah usat bagi mendukung penanganan Covid-19,” katanya.

*****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin