Home Nusantara

Wali Kota Blitar Raih Penghargaan Pembina Proklim Terbaik

17
Wali Kota Blitar Raih Penghargaan Pembina Proklim Terbaik
foto: istimewa

Barakata.id, Blitar (Jatim) – Prestasi membanggakan kembali diraih Kota Blitar, kali ini dari bidang Lingkungan Hidup.

Wali Kota Blitar, Santoso dalam keterangan resminya Senin (12/9) kemarin mengatakan telah menerima penghargaan dari Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa sebagai Pembina Proklim Terbaik Tingkat Jawa Timur.

Penghargaan ini diserahkan pada acara Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia Provinsi Jawa Timur di Jatim Expo Internasional, Surabaya dengan didampingi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Blitar, Jajuk Indihartati.

Dikatakannya, kebijakan Wali Kota Blitar yang dianggap pro terhadap Proklim ditunjukkan dengan menetapkan visi misi RPJMD yang berwawasan lingkungan. Konkritnya dengan mewujudkan Tata Ruang yang Berwawasan Lingkungan Hidup dan Berkeadilan.

Sementara itu, komitmen Wali Kota Blitar terhadap Program Kampung Iklim juga diraih dengan menerbitkan regulasi melalui Perda No 4 Tahun 2017 tentang Pengelolaan Sampah dan Perwali No 72 Tahun 2017 tentang Rencana Aksi Daerah Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca Kota Blitar, yang mendukung aksi adaptasi dan mitigasi Proklim Kota Blitar.

Kemudian Santoso menjelaskan, bahwa strategi pelaksanaan proklim diantaranya melalui Dinas Lingkungan Hidup dengan melakukan sosialisasi dan pembinaan secara intensif pada lokasi binaan yang diusulkan mengikuti Proklim.

Selain itu, juga diikuti dilakukan Fasilitasi dengan pemberian stimulan bantuan ke masyarakat berupa bibit tanaman, anjang-anjang, lampu LED, biopori, sumur resapan, PJU solar cell dan komposter.

“Hal yang tidak kalah penting adalah dengan membangun jejaring dan MoU kerjasama dengan swasta dan perguruan tinggi. Termasuk mengaplikasikan konsep pemberdayaan masyarakat,” kata Santoso.

Tahun 2022 Pemerintah Kota Blitar mengusulkan 10 calon lokasi proklim utama dan 1 calon lokasi Proklim Lestari, sehingga Kota Blitar merupakan salah satu kota yang mengusulkan calon lokasi Proklim terbanyak se-Jawa Timur.

“Ini sangat mendukung program pemerintah yang mentargetkan tercapainya 20.000 kampung iklim di Tahun 2024. Kota Blitar merupakan salah satu dari 3 Kab/Kota se Jawa Timur yang mengusulkan Proklim Lestari. Dimana, Proklim Lestari merupakan kategori level tertinggi dari penghargaan Program Kampung Iklim dari KLHK,” pungkasnya. (adv/jun)

Dapatkan update berita setiap hari di Barakata.id. Yok! bergabung di Grup Telegram "KATA BARAKATA", caranya klik link https://t.me/SAHABATKATA, kemudian join. Juga ikuti Barakata.id di Google Berita. Lihat selengkapnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin