Beranda Kepulauan Riau Batam

Wako Batam: Lomba Inovasi Daerah, Tingkat Kota Batam dapat Memacu Semangat untuk Semua OPD Berinovasi

14
0
WALI KOTA Batam menyerahkan penghargaan Kepada Disperindag
- Advertisement -
DPRD Batam

Barakata.id, Batam – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi menyerahkan penghargaan kepada para juara Lomba Inovasi Daerah, Tingkat Kota Batam, yang diselenggarakan Badan Perencanaan dan Penelitian Pengembangan Pembangunan Daerah (Bapelitbangda) Kota Batam, Kamis (22/6/2023).

Pada acara yang digelar di Hotel Planet Holiday, Jodoh, Batuampar itu Rudi menjelaskan, sejak menjabat sebagai Wali Kota Batam dan juga Kepala Badan Pengusahaan Batam (BP Batam) banyak inovasi yang sudah ia gagas untuk menjadikan Kota Batam sebagai kota baru, Bandar Dunia Madani, yang maju dan modern.

- Advertisement -

Semua ini, tentu juga harus didukung oleh inovasi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemerintah Kota (Pemko) Batam. Sehingga apa yang sudah direncanakan untuk pembangunan Kota Batam ke depan benar-benar dapat terealisasi sesuai dengan yang diharapkan.

Baca juga: Atasi Suplai Air, BP Batam Bangun Tower Berkapasitas 20 Ton

“Saya perintahkan semua OPD harus punya inovasi. Agar desain Kota Batam ada inovasi-inovasi baru,” kata suami Wakil Gubernur Kepulauan Riau Hj Marlin Agustina.

Ia pun berjanji akan terus mendorong semua OPD, mulai dari kelurahan, kecamatan, Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) hingga semua dinas, agar terus berinovasi dan tingkatkan layanan kepada masyarakat.

“Kepala OPD pasti pernah ke Singapura. Contoh saja bagaimana penataan kota di sana. Jalan sudah kita bangun saat ini, coba pikir bagaimana ke depan menjadi lebih indah,” ujarnya.

Wali Kota Batam berharap melalui kegiatan pemberian penghargaan Lomba Inovasi Daerah, Tingkat Kota Batam ini dapat memacu semangat untuk semua OPD berinovasi. Tak hanya pucuk pimpinan saja, tapi juga semua pegawai di lingkungan Pemko Batam.

Baca juga: Wali Kota Batam Pastikan, Selama Menjabat Akan Terus Pertahankan Insentif bagi Ketua RT/RW

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam H Jefridin, serta seluruh Kepala OPD di lingkungan Pemko Batam.

Perbaiki Regulasi Pelayanan

Sementara itu, Kepala Bapelitbangda Kota Batam, Dahlina Nopilawati mengatakan, saat ini Kota Batam terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayan publik. Salah satunya yang dilaksanakan adalah dengan memperbaiki regulasi pelayanan.

“Kemudian, mempermudah proses dan mekanisme pelanan, serta meningkatkan sumber daya aparatur pelayanan,” ujar pengganti Wan Darussalam itu.

Lomba Inovasi Daerah sendiri dimaksudkan guna mendorong semua OPD di lingkungan Pemko Batam untuk terus berinovasi dan berkreativitas dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Ada empat kategori yang dinilai kepada semua OPD yakni pertama kategori perangkat daerah ternovatif, kemudian kategori UPTD terinovatif, ketiga kategori inovasi digital terbaik dan keempat kategori non digital terbaik.

Kategori Perangkat Daerah Ternovatif

  1. Dinas Pendidikan (Disdik)
  2. Bapelitbangda
  3. Dinas Lingkungan Hidup
  4. Kecamatan Galang
  5. Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Diperindag)

Kategori UPTD Terinovatif

  1. Puskesmas Baloipermai
  2. UPTD Pelayanan Bidang Perikanan
  3. Puskesmas Galang
  4. Puskesmas Seipanas
  5. Puskesmas Tanjungbuntung

Kategori Inovasi Digital Terbaik

  1. Inovasi Fuel Card 3.0 – Disperindag
  2. Inovasi Perseling – DLH
  3. Tanjak 26 – SMPN 26
  4. Sipadat Karya – Kecamatan Galang
  5. Ceting Dikecapin – Puskesmas Baloi Permai

Kategori Non-Digital Terbaik

  1. Bazaar Upcycle Berbuah Rupiah (Buper) – SMPN 42
  2. Pojok Audisi – Bapelitbangda
  3. Gerakan Menabung Sampah Agar Sehat Lingkungan (Gemes Asli) SMPN 42
  4. Gurih C20 – SMPN 20
  5. Kios Pangan Mobile – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian
  6. Sahabat Dupan – SMP 28.
- Advertisement -