Home Nusantara Wakili Kabupaten Blitar, Perpustakaan Samudra Pustaka Raih Juara 1 Lomba Tingkat Nasional

Wakili Kabupaten Blitar, Perpustakaan Samudra Pustaka Raih Juara 1 Lomba Tingkat Nasional

97
Perpustakaan Samudra Pustaka Raih Juara 1 Lomba Tingkat Nasional
Karena Kabupaten Blitar sudah level-1, akhirnya Ketua Tim Lomba Perpusnas kelurahan/desa Dedi Junaidi (baju merah) bersama rombongan dari Dinas Perpustakaan Propinsi Jawa Timur, pada Senin (27/9/2021) secara langsung berkunjung ke Perpustakaan Samudra Pustaka, Desa Plosorejo, serta mengucapkan selamat atas prestasi yang diraihnya.(foto: dok/Pemdes Plosorejo)
Himbauan Pemprov Kepri

Ikuti kami di Google Berita

Barakata.id, Blitar (Jatim) – Perpustakaan Samudra Pustaka, Desa Plosorejo, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar, Jawa Timur meraih juara 1 Lomba Perpustakaan Desa/kelurahan tingkat nasional yang digelar oleh Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI pada 2021.

Bupati Blitar Rini Syarifah dalam keterangannya merasa bangga atas prestasi yang dicapai oleh perpustakaan Samudra Pustaka. Dimana, hal ini telah membawa nama harum kabupaten Blitar di tingkat nasional.


Selain itu, perpustakaan Desa Plosorejo bisa menjadi literasi bagi masyarakat Kabupaten Blitar. Sehingga Ia berharap, bahwa prestasi yang telah direbutnya patut dipertahankan. Menurutnya, mempertahan prestasi itu akan lebih sulit dari pada meraih prestasi.

Baca juga : Banggar DPRD Kabupaten Blitar Sampaikan Ranperda Perubahan APBD 2021, Kontruksinya Untuk Social and Economic Safety Net

“Maka dari itu, harus terus berinovasi,” kata Mak Rini (nama familiar Bupati Blitar), usai menerima kunjungan Tim Perpustakaan Nasional yang bertempat di Pendopo Ronggo Hadi Negoro dua hari yang lalu, tepatnya Senin (27/9/2021).

Kemudian ia juga mengatakan, atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar mengucapkan banyak terimakasih atas kerjasama dan dukungan semua pihak dalam keberhasilan perpustakaan Samudra Pustaka menjadi juara 1 tingkat nasional.

“Dengan begitu, mudah-mudah keberhasilan ini dapat menjadi motivasi perpustakaan desa lainya untuk menjadi lebih baik dan meraih prestasi,” pesan Mak Rini.

Selanjutnya, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Blitar Hermawan Widodo menegaskan, bahwa pihaknya akan terus berupaya memberikan pembinaan terhadap penyelenggaraan perpustakaan desa yang sesuai dengan standar nasional perpustakaan desa/kelurahan. Adapun standar nasional perpustakaan diantaranya standar koleksi perpustakaan, standar sarana dan prasarana perpustakaan, standar pelayanan perpustakaan, standar tenaga perpustakaan, standar penyelenggaraan perpustakaan dan standar pengelolaan perpustakaan.

Baca juga : Kabupaten Blitar Perkuat PPKM Darurat

Lebih lanjut Herman menyebutkan, diantara yang telah dimiliki oleh Perpustakaan Samudra Pustaka yaitu 9 Pojok Baca, Obrok Pintar, Bung Karno Corner dan tersedianya barcode yang memudahkan pembaca untuk menemukan literasi.

”Jadi, sesuai dalam Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional RI Nomor 6 Tahun 2017 tentang standar nasional perpustakaan desa/kelurahan, Perpustakaan Samudra Pustaka Desa Plosorejo, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar sudah sesuai standar nasional perpustakaan sehingga bisa mewakili Provinsi Jawa Timur untuk bersaing dengan 34 provinsi yang ada di Indonesia,” ungkapnya.

Kemudian, perpustakaan sebagaimana yang ada dan perkembangan sekarang, telah digunakan sebagai salah satu pusat informasi, sumber ilmu pengetahuan, penelitian, rekreasi, pelestarian khazanah budaya bangsa, serta memberikan berbagai jasa layanan lainnya. Maka dari itu, pelayanan sumber informasi di perpustakaan merupakan ujung tombak kesuksesan kegiatan layanan perpustakaan.

“Untuk itu, tujuan utama pembentukan Perpustakaan Desa adalah sebagai satu sarana untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan membaca guna mencerdaskan kehidupan masyarakat desa,” ujar Herman.

Baca juga : Musda APD Kabupaten Blitar Mundur, Begini Penjelasanya

Disamping itu, menurutnya, makna terpenting dari kegiatan lomba perpustakaan ini yakni mampu menyemangati para pejuang literasi untuk lebih berperan aktif dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui peningkatan kemampuan literasi yang meningkatkan kreativitas masyarakat dan mengurangi kemiskinan akses informasi.

Sementara, ditempat terpisah, kepala Desa Plosorejo Bejananto melalui Sekretaris Desa (Sekdes) Sunarjis mengungkapkan, berbeda dengan tahun sebelumnya, penilaian lomba di tahun ini dilakukan melalui aplikasi Zoom. Penilaian lomba perpustakaan umum terbaik (desa/kelurahan) dilaksanakan selama tiga minggu, mulai dari tanggal 23 Agustus 2021 sampai dengan tanggal 10 September 2021.

“Dan Alhamdulillah, Perpustakaan Samudra Pustaka, Desa Plosorejo berhasil juara 1 tingkat nasional 2021. Semoga, kemenangan ini menjadi motivasi kita untuk lebih baik dan bermanfaat bagi masyarakat, khususnya warga Desa Plosorejo,” pungkasnya.(jun)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin