Home Warta Nusantara

Wah, Konsumen UMKM Dapat Cashback hingga Rp750 Ribu

53
Konsumen UMKM Dapat Cashback
Pemerintah akan memberikan cashback hingga Rp750 ribu kepada konsumen yang membeli produk UMKM. (F: Piqsels)

Barakata.id- Konsumen yang membeli produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) bakal dapat cashback hingga Rp750 ribu. Program stimulus berbelanja itu akan diberikan oleh pemerintah. Tujuannya untuk menggenjot konsumsi masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Program yang diberi nama Gerakan Bangga Buatan Indonesia tersebut adalah bagian dari usulan baru pemanfaatan anggaran sektor atau lembaga yang totalnya mencapai Rp8,1 triliun.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Febrio Nathan Kacaribu mengatakan gerakan tersebut saat ini sedang disiapkan.

Baca Juga:
Ini Syarat Bantuan UMKM Rp2,4 Juta, Ditunggu Sampai Akhir Agustus

“Kalau kami evaluasi sekarang ini akan sangat besar potensi untuk realisasinya,” ujarnya dalam diskusi virtual Taklimat Media BKF, Rabu (19/8/20).

Dilansir dari CNN Indonesia, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengimbau para menteri untuk memerhatikan jalannya stimulus tersebut. Sebab melalui gerakan itu diharapkan produk lokal diminati. Daya beli masyarakat terhadap produk-produk tersebut juga meningkat.

Menurutnya, pandemi yang menyebabkan ekonomi lemah menjadi tantangan dan ujian bersama. Program ini disebutnya bisa menjadi jalan keluar untuk mengatasi masalah tersebut.

“Peluncuran program ini akan membawa optimisme yang memberikan efek domino yang baik dalam penciptaan dan inovasi produk-produk dalam negeri,” kata dia.

Baca Juga:
Mau Subsidi Rp2,4 Juta, Segera Setor Norek ke BPJS TK

Gerakan Bangga Buatan Indonesia ini sebelumnya pernah diungkapkan oleh Luhut lewat akun instagram pribadinya. Dalam unggahan itu, Luhut mengatakan, cashback kepada konsumen yang membeli produk UMKM ini bisa mencapai Rp750 ribu.

“Gerakan ini juga jadi bentuk sosialisasi pemerintah agar masyarakat bisa masuk era digitalisasi,” kata Luhut.

Hal itu disebabkan cashback itu hanya berlaku bagi konsumen yang berbelanja lewat transaksi non cash. Baik melalui bank maupun dompet digital.

****

Editor: Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin