Home Kepulauan Riau

Vaksinasi Covid-19, Kepri Siapkan 840 Vaksinator dan 243 Faskes

22
Vaksinasi Covid-19 Kepri
Sekda Kepri, H TS Arif Fadilah memimpin penyemprotan cairan disinfektan di area Rumah Penampungan WNI-M KPO Senggarang, Tanjungpinang, Minggu (22/3/20) petang. (F: barakata.id/ist)

Barakata.id, Tanjungpinang – Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Pemprov Kepri) menyiapkan 840 vaksinator atau tenaga pemberi vaksin Covid-19. Untuk memuluskan program vaksinasi Covid-19, Kepri juga menyediakan 243 fasilitas kesehatan (faskes).

“Untuk melaksanakan program vaksinasi Covid-19 nanti, kita sudah menyiapkan tenaga vaksinator sebanyak 840 orang,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kepri, TS Arif Fadillah di Tanjungpinang, kemarin.

Arif mengatakan, dari 840 orang vaksinator itu, 210 orang di antaranya telah melalui pelatihan. Para tenaga vaksinator itu nantinya akan bertugas di 243 fasilitas penyuntikan vaksin yang tersebar di penjuru Kepri, seperti klinik, puskesmas dan rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Baca Juga :

Pemprov Kepri hingga kini sudah menerima sebanyak 25.250 dosis vaksin Covid-19 yang dikirim dalam dua tahap dari Jakarta. Vaksin tersebut siap didistribusikan ke seluruh kabupaten dan kota se-Kepri.

Arif memastikan bahwa beberapa sarana sudah disiapkan, di antaranya mobil kotak berpendingin. Namun, kegiatan pendistribusian masih menunggu arahan dari Pemerintah Pusat.

“Kalau sudah ada arahan pusat, maka segera kita lakukan pengiriman. Nantinya pengantaran akan menggunakan mobil boks pendingin, untuk memastikan vaksin tidak rusak,” ujarnya.

Pengiriman vaksin ke semua kabupaten/kota di Kepri akan dikawal oleh personel TNI dan Polri agar vaksin tiba di tempat tujuan dalam kondisi aman. Saat ini, vaksin Covid-19 itu tersimpan di Gedung Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang.

“Lokasi penyimpanan juga dijaga aparat, ada 12 personel keamanan yang berjaga selama 24 jam,” kata dia.

Baca Juga :

Arif mengajak semua elemen masyarakat di Kepri mendukung program vaksinasi ini berjalan sukses.

“Agar wabah pandemi Covid-19 ini segera berlalu, sehingga kehidupan masyarakat kembali normal. Perekonomian juga kembali berjalan seperti sedia kala,” ujarnya.

Sekda Kepri mengatakan, dalam program vaksinasi Covid-19 ini, warga yang masuk daftar wajib divaksin bakal terdata melalui aplikasi Pcare Vaksinasi https://pcare.bpjs-kesehatan.go.id/vaksin.

Nantinya, warga yang wajib divaksin akan diberitahu lokasi dan waktu imunisasi melalui pesan singkat.

*****

Editor : YB Trisna

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin