Home Kepulauan Riau Vaksin Booster di Kepri Segera Dimulai, Ini Sasarannya

Vaksin Booster di Kepri Segera Dimulai, Ini Sasarannya

Pemkab Karimun
Foto Ilustrasi (F: Pixabay)

Barakata.id, Kepulauan Riau – Vaksin booster di Kepri segera dimulai. Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengatakan vaksinasi booster ini masih menunggu instruksi dari Kementerian Kesehatan tentang petunjuk teknisnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan, pemerintah akan memulai vaksin booster pada 12 Januari 2022. Namun, untuk di Kepri, Ansar merencanakan peluncuran program vaksin booster akan dibarengi dengan kunjungan kerja Menteri dalam Negeri Tito Karnavian pada 13 – 14 Januari 2022.

“Kalau izin dari Kemenkes sudah keluar besok, kita bisa memulai vaksin booster di Kepri dengan memanfaatkan momen kunjungan Mendagri ke Kepri nanti,” ujar Ansar, Senin (10/1/22), dikutip dari kepriprov.go.id.

Baca Juga:

Vaksin booster ini diprioritaskan untuk kelompok lansia dan kelompok rentan. Vaksin booster ini jgua diberikan kepada kelompok Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan. Untuk target vaksinasi lainnya, skemanya saat ini masih digodok pemerintah pusat.

Kepri menjadi salah satu daerah yang memenuhi kriteria untuk melaksanakan vaksin booster. Sebab vaksin booster hanya dapat dilakukan jika daerah terkait sudah memenuhi syarat. Yakni melebihi capaian 70 persen untuk vaksinasi dosis 1 dan melebihi capaian 60 persen untuk vaksinasi dosis 2.

Di Kepri ada empat kabupaten/kota yang memenuhi syarat tersebut. Yaitu Tanjungpinang, Batam, Bintan dan Natuna.

Ansar mengatakan, jika izin dari pusat untuk vaksin booster belum keluar saat kunjungan Mendagri maka akan digantikan dengan vaksinasi anak.

Baca Juga:

“Yang jelas kunjungan menteri itu harus dibarengi dengan serbuan vaksinasi,” kata Ansar.

Kunjungan Mendagri ke Kepri akan diisi dengan beberapa agenda. Selain meninjau vaksinasi, kunjungan itu akan diisi dengan meninjau perbatasan negara Indonesia di Karang Singa dan memberikan pengarahan pada seluruh Forkopimda Kepri.

Tito dijadwalkan akan datang ke Kepri besama Wakil Menteri Pertahanan Letjen TNI Muhammad Herindra dan Kepala Badan Keamanan Laut Laksamana Madya TNI Aan Kurnia. (asrul)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin