Home Warta Nusantara

Usai Dilantik Presiden Jokowi, Menteri KKP Lepas Jabatan Sebagai Komut di PT Agrinas

19
Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono. F: Humas KKP

Barakata.id, Jakarta- Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Sakti Wahyu Trenggono menegaskan tidak lagi menjabat sebagai Komisaris Utama (Komut) di PT Agro Industri Nasional (Agrinas) pasca dilantik Presiden Joko Widodo sebagai orang nomor satu di Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Sakti Wahyu Trenggono dilantik Presiden Jokowi sebagai menteri KKP menggantikan Menteri KKP sebelumnya dijabat oleh Edhy Prabowo ditangkap KPK di Bandara Soekarno-Hatta pada Rabu (25/11) dini hari WIB usai melakukan kunjungan kerja dari Amerika Serikat. Edhy ditangkap terkait kasus ekspor lobster.

Baca juga:

“Tentu Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) berikutnya yang akan menjadi Komisaris Utama di sana (PT Agro Industri Nasional). Saya sudah tidak bisa, karena itu (Komut) adalah jabatan ex officio sebagai Wamenhan),” tegas Trenggono seperti dikutip Barakata.id dari website resmi KKP Rabu (23/12/2020).

Sekedar diketahui, Agrinas adalah perusahaan yang dimiliki Yayasan Kesejahteraan Pendidikan dan Perumahan Kementerian Pertahanan.

Sementara itu, Jubir Menteri KKP Doni Ismanto menambahkan, Agrinas sebagai perusahaan memiliki susunan pengurus yang terdiri dari para direksi untuk mengelola operasionalnya.

“Selama ini ada narasi seolah-olah Komut mengatur semuanya, ini adalah perusahaan yang dikelola secara profesional,” tegasnya.

Doni menambahkan, tak hanya melepaskan jabatan di Agrinas tetapi Menteri KKP Trenggono juga melepas posisinya sebagai Sekretaris Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP).

Baca juga: 

“Jabatan Sekretaris KKIP itu juga merupakan ex officio atau rangkap jabatan di kementerian. Artinya, siapa saja yang menjabat sebagai wamenhan maka otomatis akan menjabat sebagai Sekretaris KKIP. Sekarang Pak Trenggono fokus mengurus sektor kelautan agar potensi bahari kita bisa mengangkat kesejahteraan masyarakat,” tandasnya.

Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono saat mengunjungi kantor barunya. F: Humas KKP

Usai dilantik, Menteri Kelautan dan Perikanan Wahyu Sakti Trenggono mampir ke beberapa sudut gedung Mina Bahari 4, tempatnya berkantor. Dia berpesan agar seluruh pegawai KKP terus bekerja untuk melayani masyarakat di sektor kelautan dan pertanian.

“Semoga kita dapat bekerja untuk melayani mereka (para pekerja di sektor KP) dengan segera. Hari ini, saya akan membereskan administrasi dan hal-hal yang masih tertinggal di kantor saya lama. Tetap semangat ya,” ujarnya.

Setelah berdiskusi dan berkenalan langsung bersama jajaran pegawai KKP mengenai evaluasi sektor kelautan dan perikanan, Menteri Trenggono mampir ke ruang kerja barunya dilanjutkan makan siang bersama di Gedung Mina Bahari IV.

Baca juga:

Ditemani para jajaran, Menteri Trenggono juga bersemangat mampir ke Galeri Karantina Ikan di lantai dasar Gedung Mina Bahari IV.

*****

Editor: Ali Mhd

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin