Beranda Kepulauan Riau

Urus Perizinan di DPMPTSP Lama, Wagub Kepri Kecewa

95
0
Wagub Kepri, Isdianto saat sidak ke kantor DPMPTSP Kepri, Senin (10/6/19). (F: Dok. Humas Pemprov Kepri)
- Advertisement -
DPRD Batam

Tanjungpinang – Wakil Gubernur Kepulauan Riau (Wagub Kepri), Isdianto kecewa dengan kinerja para pegawai di Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Kepri. Ia geram lantaran ada warga yang mengurus perizinan di dinas itu hingga empat bulan lamanya tanpa kejelasan.

Lamanya pengurusan izin tersebut diketahui saat ia menggelar inspeksi mendadak (sidak) pada hari pertama masuk kerja usai libur Lebaran, Senin (10/6/19). Dalam sidak itu, ia berbincang dengan sejumlah warga yang sedang mengurus perizinan di DPMPTSP.’

- Advertisement -

Kemudian, ada seorang warga yang mengaku sedang mengurus izin usaha penambangan pasir. Namun, sudah empat bulan ia bolak-balik datang ke DPMPTSP, izin tersebut tak kunjung siap.

Mendengar itu, raut wajah Isdianto langsung berubah. Ia menanyakan kebenaran informasi tersebut kepada beberapa pegawai DPMPTSP, dan memang benar adanya.

Baca Juga : Kepri Ajukan Rp20 Triliun ke Pusat untuk Bangun Infrastruktur

Ia pun langsung mengumpulkan para pegawai DMPMPTSP, dan menumpahkan rasa kecewanya. Isdianto menegaskan, sebagai abdi negara, para pegawain Pemprov Kepri harus memberi pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Jangan sampai hal seperti ini terjadi. Ini sangat bertentangan dengan prinsip Pemprov Kepri. Ini kan sangat tidak masuk akal, mengurus izin sampai empat bulan. Seharusnya kan tidak perlu lama dan berbelit seperti ini,” katanya.

“Jika memang izinnya bisa dikeluarkan maka segera dikeluarkan dan jangan diperlama. Kalau memang izinnya tidak bisa dikeluarkan, harus segera diberitahukan, agar warga tidak menunggu terlalu lama. Jelaskan apa alasannya, apakah soal aturan atau apa, jadi warga bisa menerima kepastian,” sambung Isdianto.

Baca Juga : Urus Izin Usaha Pariwisata Kini Lebih Mudah dengan OSS

Saat Isdianto sidak ke dinas itu, Kepala DPMPTSP Kepri, Samsuardi sedang tidak berada di tempat lantaran tengah mengikuti rapat rutin bersama Gubernur Kepri, Nurdin Basirun.

Usai sidak, kepada wartawan Isdianto mengatakan, temuan di Kantor DPMPTSP itu sungguh tidak elok, sesuatu yang tak seharusnya ditemukan di lingkungan kantor pelayanan Pemprov Kepri.

“Kita selalu komitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Hal ini juga selalu disampaikan oleh Pak Gubernur. Masa mengurus izin sampai empat bulan? Kalau memang izinnya tidak bisa dikeluarkan, ya segera beritahu kepada masyarakat, apa alasannya,” kata dia.

Sidak ke sejumlah OPD

Selain ke DPMPTSP, Isdianto juga menggelar sidak ke sejumlah kantor organisasi perangkat daerah (OPD) Pemprov Kepri. Kantor OPD yang disidaknya adalah, BKPSDM, BPKAD, Barenlitbang, Dispora, DPMPTSP dan Biro Humas, Protokol dan Penghubung (HPP).

Baca Juga : Pemecatan PNS ‘Malas’ Kini Lebih Mudah

Isdianto didampingi oleh Kepala Bidang (Kabid) Pengadaan dan Disiplin BKPSDM Kepri, Nora Fitri. Di masing-masing OPD yang didatanginya, Isdianto mengingatkan para pegawai agar selalu menjaga sikap dan meningkatkan kinerja terutama pelayanan kepada masyarakat.

“Displin itu harus kita tanamkan dalam diri sendiri, bukan karena takut kepada atasan

Dalam sidak itu, Isdianto juga meminta daftar hadir pegawai, untuk memastikan jika nama-nama pegawai yang membubuhkan paraf memang benar-benar hadir. Isdianto juga mengajak para pegawai agar menjaga kekompakan, menjaga silaturhami, dan tidak saling buruk-memburukkan baik sesama pegawai, dengan atasan apalagi dengan masyarakat.

“Kita ini sejatinya tidak ada yang sempurna, masing-masing pasti ada kelemahan. Karena itu, kita sebaiknya menjaga diri, selalu intropeksi, dan berusaha memperbaiki tingkah laku, baik di tempat kerja maupun di keluarga dan di masyarakat,” katanya.

*****

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini