Home Kepulauan Riau Batam UPZ Baznas Batam Diminta Sebar Ilmu ke Masyarakat

UPZ Baznas Batam Diminta Sebar Ilmu ke Masyarakat

22
UPZ Baznas Batam
Sekda Kota Batam Jefridin Hamid membuka Pelatihan Teknis UPZ Baznas Batam 2021, Selasa (30/3/21). (F: Humas Pemko Batam)
Himbauan Pemprov Kepri

Ikuti kami di Google Berita

Barakata.id, Batam– Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam Jefridin Hamid meinta Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Batam sebarkan ilmunya ke masyarakat.

Permintaan itu disebutkan Jefridin saat membuka Pelatihan Teknis UPZ Baznas Kota Batam 2021 di Kantor Wali Kota Batam, Selasa (30/3/21).


Mantan Ketua Baznas Batam mengatakan pelatihan itu diharapkan menambah ilmu bagi para petugas UPZ dalam menjalankan tugasnya sebagai amil.

Baca Juga:

“Para petugas UPZ nantinya menyebarkan ilmunya kepada masyarakat luas agar makin paham tentang kewajiban zakat, seperti dalil, nisab, haul dan aturan tentang zakat,” kata Jefridin.

Menurut Jefridin, dengan bermodal ilmu dari pelatihan teknis tersebut maka petugas lebih memahami dan mampu menjelaskan kepada masyarakat. Tak bisa dipungkiri banyak masyarakat yang belum paham soal zakat.

“Ini kewajiban sebagai muslim, karena menjadi bagian dari rukun Islam,” ujarnya.

Pada kesempatan itu Jefridin juga menekankan nilai kejujuran dalam menjalankan tugas sebagai pengumpul zakat. Sebab, dengan kejujuran masyarakat akan mempercayakan pengelolaan zakat melalui Baznas Batam.

Melalui kebijakan Wali Kota dan Kepala BP Batam Muhammad Rudi, saat ini pengelolaan zakat profesi pegawai Pemko maupun BP Batam berada di tangan Baznas Batam.

Baca Juga:

Penyebaran Covid-19 yang masih terus ada di Batam membuat Jefridin juga menekankan pentingnya penerapan protokol kesehatan.

“Ini yang ditekankan Pak Wali, bekali petugas dnegan masker dan sarung tangan, karena petugas akan berinteraksi dengan banyak orang,” ujarnya.

Pelatihan Teknis UPZ Baznas Kota Batam 2021 itu menghadirkan narasumber Dosen Ibnu Sina Batam M Juni Berdu.

***

Editor: Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin