Home Ekonomi UKM

UMKM Siap-Siap, Bantuan Rp2,4 Juta Segera Dikirim

4430
Bantuan Tunai untuk UMKM
Foto ilustrasi. Plt Gubernur Kepri Isdianto mengunjungi salah satu UMKM di Tanjungpinang yang memproduksi masker berbahan kain, Kamis (16/4/20) lalu. Pemerintah segera mencairkan bantuan tunai untuk UMKM sebesar Rp2,4 juta. (F: barakata.id/ist)

Barakata.id, Jakarta – Pemerintah segera menggelontorkan bantuan tunai kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Bantuan sebesar Rp2,4 juta itu akan dicairkan bulan ini dengan cara dikirim langsung ke rekening UMKM.

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati mengatakan, target bantuan ini menyasar kepada 12 juta UMKM di seluruh Tanah Air. Menurutnya, pengiriman dana bantuan sebesar Rp2,4 juta kemungkinan besar akan dilakukan bertepatan dengan perayaan Hari Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2020.

Menurut Sri Mulyani, daftar penerima bantuan UMKM saat ini masih dalam proses pendataan oleh Kementerian Koperasi dan UMKM.

“Rencananya yang Rp 2,4 juta ini dengan data yang ada yang sekarang sedang di-clean-kan akan diluncurkan pada bulan Agustus ini. Mungkin sesudah, atau pada saat 17 Agustus nanti oleh bapak presiden atau menterinya yang memang ini programnya sudah diumumkan,” kata Sri Mulyani dalam webinar betajuk Gotong-royong #JagaUMKMIndonesia, Selasa (11/8/20) seperti dikutip dari CNBC, Kamis (13/8/20).

Baca Juga :
Jokowi: Segera Kucurkan Bansos dan Insentif untuk UMKM

Sri Mulyani mengakui, soal pendataan ini masih menjadi salah satu tantangan pemerintah dalam memberikan stimulus. Pasalnya seringkali kementerian/lembaga tidak selalu memperbaharui datanya, sementara pemerintah ingin semua bantuan tidak salah sasaran.

“Persoalannya bukan hanya sekedar menyebar uang, tapi juga harus akuntabel, tapi secepat dan setepat mungkin [pencairannya]. Pemerintah akan melakukan beberapa cleansing data tersebut seakurat mungkin karena pada akhirnya dana ini akan di audit seperti di BPK,” kata dia.

Pemerintah menargetkan 12 juta pelaku UMKM penerima bantuan berasal dari semua jenis usaha.

Syarat mendapatkan bantuan

5 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin