Warta Nusantara Ulama Kharismatik Mbah Moen Meninggal di Mekkah

Ulama Kharismatik Mbah Moen Meninggal di Mekkah

156
KH Maimun Zubair atau akrab disapa Mbah Moen meninggal dunia di Mekkah, Selasa (6/8/19).

Barakata.id – Indonesia berduka. Salah satu ulama kharismatik, KH Maimun Zubair atau akrab disapa Mbah Moen meninggal dunia, Selasa (6/8/19).

Mbah Moen wafat di Mekkah pada usia 90 tahun. Ketua Umum Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU), Ali Masykur Musa mengatakan, kabar meninggalnya KH Maimun Zubair didapat dari staf presiden di Makkah, Gus Rozin.

Ali mengatakan, KH Maimun Zubair, wafat saat menunaikan ibadah haji di Mekkah.

Sebagai ketua umum Ikatan Sarjana NU, Ali mengatakan sangat kehilangan atas meninggalnya ulama besar itu.

“Karena itu, kami imbau agar seluruh umat Islam di Indonesia memanjatkan doa untuk beliau serta menjalankan salat gaib,” imbau Ali dilansir dari Kompas.com.

Kabar duka itu juga disampaikan Wakil Ketua PPP, Arwani Thomafi.

“Innalillahi wainnailaihi rajiun. Mbah Maimun Zubair wafat,” kata Wakil Ketua PPP, Arwani Thomafi.

Wasekjen PPP Achmad Baidowi atau Awiek menambahkan, Mbah Moen merupakan kiai kelahiran 28 Oktober 1928. Saat ini Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin sudah berada di Rumah Sakit An Noor Mekah untuk mengurus administrasi jenazah Mbah Moen.

Baidowi menyebut Menag Lukman mengurus administrasi jenazah Mbah Moen agar segera bisa disemayamkan di kantor urusan haji setempat.

“Memeriksa dan mengurus administrasi agar jenazah bisa segera keluar dari RS. Rencana mau disemayamkan dulu di kantor urusan haji,” kata anggota DPR itu, dikutip dari Detik.com.

PBNU ajak salat gaib

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) berduka atas wafatnya KH Maimun Zubair, dan mengajak umat Islam menggelar salat gaib bagi Mbah Moen.

“Kepada umat Islam, khususnya warga Nahdlatul Ulama, mari bersama-sama melaksanakan salat gaib dan membacakan surat Al-Fatihah untuk KH Maimun Zubair,” kata Sekjen PBNU A Helmy Faishal Zaini dalam siaran pers, Selasa (6/8/19).

Helmy mendoakan KH Maimun Zubair wafat dalam keadaan terbaik. “Semoga senantiasa ditempatkan di tempat yang paling mulia di sisi Allah SWT,” katanya.

Baca Juga : Kabar Duka, Agung Hercules Meninggal

KH Maimun Zubair di mata Helmy merupakan sosok yang gigih memperjuangkan nilai-nilai keislaman dan keindonesiaan. Dia mengenang upaya penting yang pernah dilakukan Mbah Moen semasa hidup.

“Salah satu upaya penting yang dilakukan oleh KH Maimun Zubair adalah menegaskan bahwa kemerdekaan bangsa Indonesia merupakan sebuah anugerah yang diberikan oleh Allah SWT atas perjuangan yang penuh dengan kesungguhan dan menghapuskan penjajahan,” ucapnya.

*****

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here