Home Gaya Kesehatan UGM Bikin GeNose, Bisa Deteksi Corona dalam 80 Detik

UGM Bikin GeNose, Bisa Deteksi Corona dalam 80 Detik

48
UGM Bikin GeNose
Ilustrasi. Universitas Gadjah Mada (UGM) membuat GeNose, alat yang bisa deteksi Corona dari napas, hasilnya akurat dan cepat. (F: Freepik)

Barakata.id– Universitas Gadjah Mada (UGM) bikin GeNose. Alat ini diklaim bisa deteksi virus Corona dalam 80 detik. Alat ini merupakan inovasi baru, karena mendeteksi Covid-19 melalui hembusan napas.

Sementara itu, hasil tes pun bisa cepat didapat. Tak kurang dari dua menit. Hal itu diungkapkan Ketua Tim Peneliti GeNose, Kuwat Triyono.

“Kemarin saat uji di BIN sudah bisa turun menjadi 80 detik dari awalnya yang 3 menit,” kata Kuwat, dikutip dari detikcom, Senin (28/9/2020).

Baca Juga: Tarif Tes Swab Mandiri Bakal Diatur Pemerintah

Kuwat mengklaim alat itu memiliki akurasi yang tinggi. UGM bikin GeNose, alat yang harganya lebih terjangkau dari polmerase chain reaction (PCR). Satu unit GeNose ini harganya sekitar Rp 40 juta dan dapat dipakai untuk 100 ribu pemeriksaan.

“Bisa untuk sekitar 50 ribu unit perbulannya,” kata dia.

GeNose ini mendeteksi Volatile Organic Compound (VOC) yang terbentuk karena adanya infeksi Covid-19. VOC ini keluar melalui hembusan napas, lalu dimasukkan ke kantong khusus.

Baca Juga:
Kemenkes Tetapkan Tarif Rapid Test, Tertinggi Rp150 Ribu

“Selanjutnya diidentifikasi melalui sensor-sensor, datanya akan diolah dengan bantuan kecerdasan artifisial (Artificial Intelligence),”kata peneliti GeNose Dian Kesumapramudya Nurputra yang dikutip dari keterangan tertulisnya.

Alat ini juga telah menjalani uji coba pertama terhadap 600 sampel data di Rumah Sakit Bhayangkara dan Rumah Sakit Lapangan Khusus Covid Bambanglipuro Yogyakarta. Hasil dari uji coba itu menunjukkan tingkat akurasi alat itu cukup tinggi, mencapai 97 persen. Saat ini GeNose ini sedang diuji coba pada tahap kedua.

****

Editor: Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin