Home Warta Tekno Trik Agar Smartphone Tak Cepat Panas, Cocok untuk Penggemar Game

Trik Agar Smartphone Tak Cepat Panas, Cocok untuk Penggemar Game

Ilustrasi. (F: Piqsels)
Himbauan Pemprov Kepri

Ikuti kami di Google Berita

Barakata.id, Batam- Ada beberapa trik agar smartphone tak cepat panas. Penggemar game bisa menerapkan trik ini agar waktu bermainnya tak terganggu. Smartphone yang digunakan pun tak mudah nge hang.

Trik ini juga bisa diterapkan bagi pengguna smartphone yang aktif menggunakannya untuk hiburan lainnya, seperti menonton film, mendengarkan musik atau memantau media sosial.

Dilansir dari liputan6.com, smartphone yang digunakan untuk jangka waktu yang lama kemungkinan akan mengalami panas berlebih. Saat overheat itulah, sistem akan secara otomatis akan membuat kinerja ponsel menjadi lambat.

Baca Juga:

Kinerja ponsel yang lambat ini bertujuan untuk mengendalikan panas. Sehingga tak merusak komponen sensitif di dalam smartphone.

Namun, ketika smartphone menjadi kurang responsif dan lambat saat dipakai, dapat mengakibatkan banyak masalah serius. Di antaranya kehilangan data, baterai bocor, aktivitas terganggu dan lain sebagainya.

Ponsel yang gampang panas ini harus ditangani. Sebab jika sudah berada di suhu yang terlalu panas, lama-lama bisa mati total alias rusak.

Berikut ini triknya:

  1. Bersihkan ruang simpan

Di smartphone kita seringkali terdapat aplikasi yang tak penting dan jarang digunakan. Aplikasi tak terpakai yang masih terinstal di dalam ponsel ini bisa menguras kapasitas Random Access Memory (RAM) yang ada.

Oleh karena itu, sebaiknya hapus atau uninstal aplikasi yang tak dipakai. Sebab, hal ini dapat berpotensi bikin kinerja smartphone lambat saat bermain game.

Untuk menghapus aplikasi tak terpakai ini, bisa gunakan fitur Clean Storage di setting, Selain aplikasi, hapus juga foto, video, cache, audio dan dokumen yang tak terpakai atau pindahkan ke SD Card.

  1. Tutup aplikasi tak terpakai

Saat main game, kinerja perangkat hampir 100 persen diarahkan ke aplikasi game. Sementara aplikasi yang sering masih berjalan di background adalah browser, musik dan media sosial.

Baca Juga:

Untuk itu, periksa cache dan aplikasi yang sedang berjalan. Perhatikan aplikasi yang banyak memakan RAM. Matikan aplikasi tak penting selain game yang sedang dimainkan. Sehingga membuat kapasitas RAM yang tersisa menjadi lebih banyak.

  1. Pilih smartphone dengan pendingin terbaik

Bermain game dalam waktu lama dapat menyebabkan smartphone menjadi panas. Oleh karena itu sebaiknya memilih perangkat yang memiliki spesifikasi software dan dan hardware terbaik, serta bersistem pendingin yang bisa menghilangkan panas berlebih dengan cepat. (asrul)

SebelumnyaSelain Berjiwa Muda, Pemimpin Perlu Memiliki Kriteria Berikut Ini!
SelanjutnyaPolitikus Gerindra Ferdians Reza Alvisa, Rapatkan Barisan Prabowo Jadi Presiden

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin