Home Warta Ekonomi

Tokopedia Dihack, Lebih 15 Juta Data Pengguna Bocor di Internet

170
Tokopedia

Barakata.id, Barakata.id, Batam – Lebih dari 15 juta data pengguna Tokopedia telah bocor di Internet. Kabar mengejutkan itu datang dsri salah satu postingan Under the Bread di Twitter, yang menyebutkan bahwa kebocoran Database Tokopedia perusahaan teknologi besar di Indonesia yang bergerak di bidang e-commerce.

Peretasan itu terjadi pada bulan Maret 2020 dan berhasil mendapatkan data pengguna lebih dari 15 juta. Adapun Database yang didapatkan berupa data dan entry yang sangat penting seperti nama, email, kata sandi dan lainnya.

Perlu diketahui Tokopedia adalah salah satu E-commerce berkonsep marketplace di Indonesia dengan jumlah pengguna puluhan juta yang didirikan pada tahun 2009. Tokopedia telah mendapatkan penghargaan Unicorn Indonesia yang sama dengan perusahaan GOjek, OVO lainnya.

Baca Juga : Ajakan Hapus Tokopedia Trending Topic, Ada Apa?

Atas kejadian kebocoran data ini, tentunya membuat kita khawatir akan keamanan data yang ada di Tokopedia seperti saat kita ingin bertransaksi.

Sebagian orang pasti akan bertanya-tanya mengapa hal ini bisa terjadi. Dilangsir dari IDcloudhost.com, Sabtu (2/5/20), sang hacker telah berhasil membobol seluruh database termasuk Password hash dan mendapatkan data secara lengkap. Adapun data-data yang bocor tersebut merupakan data yang SANGAT SENSITIF seperti nomor telepon yang digunakan untuk membajak Kode OTP SMS. Tanggal lahir yang digunakan untuk menembus pertanyaan keamanan.

Tim IDcloudhost mencoba melacak apakah informasi ini valid atau tidak dengan mencari salah satu entry yang terdapat pada postingan twitter tersebut dengan Username : Chairulfajri. Hasilnya sangat mengejutkan.

Informasi yang diberikan itu memang benar adanya, bahwa akun dengan nama Chairulfajri ada di Tokopedia dengan alamat sebagai berikut : https://www.tokopedia.com/people/48533809 dan mendeteksi nomor hp yang digunakan menggunakan OVO yang ternyata benar dan valid keberadaannya.

Baca Juga : Telkomsel Luncurkan Aplikasi 99% Usahaku, Dorong UMKM Go Digital

Adapun saran yang bisa kita berikan adalah sebagai berikut :

  1. Segera Mengganti password dengan generate password dan simpan menggunakan password manager.
  2. Aktifkan layanan Verifikasi 2 Langkah untuk login aplikasi dan website apapun untuk melindung orang lain yang mengakses akun Anda dengan diam-diam.
  3. Cek keamanan akun anda lainnya menggunakan https://haveibeenpwned.com apakah data Anda bocor atau tidak.
  4. Setidaknya mempunyai DUA akun email yg berbeda yaitu akun personal dan akun buat register pada website/ Aplikasi.

Bagi Anda pengguna kartu kredit dan bertransaksi menggunakan Tokopedia juga diharapkan untuk segera melakukan antisipasi keamanan baik itu mengganti pasword, mencabut akses otomatis pembayaran di tokopedia dan lainnya, karena bisa saja Akun Kartu Kredit atau Credit Card Anda bisa masuk pada database yang menyebabkan orang tersebut mendapatkan kunci akses untuk menggunakan kartu kredit Anda.

Kebocoran data ini merupakan masalah yang sangat serius. Karena itu, kita harus lebih waspada lagi untuk menjaga data privaci agar tidak disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

*****

Sumber : IDcloudhost.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin