Home Kepulauan Riau Batam

TNI AU Bantu Keamanan Bandara Hang Nadim

20
Perjanjian Kerjasama PT BIB dengan TNI AU
Direktur PT BIB Pikri Ilham Kurniansyah dan Komandan Pangkalan TNI AU (Danlanud) Hang Nadim Letkol Pnb Iwan Setiawan, membahas perjanjian kerjasama di Bandara Hang Nadim. F Lanud Hang Nadim.

Barakata.id, Batam – Pangkalan TNI AU Hang Nadim Batam akan ikut membantu keamanan di Bandara Hang Nadim.

Hal ini tercantum dalam perjanjian kerjasama antara PT Bandara Internasional Batam (BIB) selaku pengelola Bandara Hang Nadim dengan Lanud Hang Nadim. 

Direktur PT BIB Pikri Ilham Kurniansyah sangat berharap, masuknya TNI AU sebagai bagian keamanan di Bandara Hang Nadim, dapat membawa perubahan dan perbaikan. 

“Pastinya dalam bidang keamanan, serta ketertiban masyarakat yang menggunakan fasilitas bandara. Baik itu di terminal keberangkatan maupun kedatangan,” kata Pikri, Selasa (7/9/2022). 

Saat awal datang ke Bandara Hang Nadim, Pikri melihat banyak masyarakat yang membuang sampah atau puntung rokok sembarangan. Selain itu, para penjemput acap kali memarkir kendaraanya, tidak sesuai dengan aturan yang ada. 

Sehingga, sering menimbulkan kemacetan di depan terminal kedatangan maupun keberangkatan. “Kami PT BIBI menyediakan area parkir yang luas, dan meminta masyarakat memanfaatkannya,” ujar Pikri. 

Pikri menyadari dengan perjanjian kerjasama ini, tugas Lanud Hang Nadim menjadi sangat berat. Sebab, akan berhadapan dengan masyarakat langsung. 

“Kami berharap masyarakat dapat memahami kebijakan yang telah didelegasikan ke rekan-rekan TNI AU,” ucapnya. 

Dalam perjanjian kerjasama itu, menyebutkan beberapa wewenang TNI AU di Bandara Hang Nadim, mulai sisi luar bangunan terminal, ruang tunggu, apron, taxiway hingga runway. 

Komandan Pangkalan TNI AU (Danlanud) Hang Nadim Letkol Pnb Iwan Setiawan, menyambut baik kerjasama ini. Tentunya, anggota TNI AU yang bertugas di Bandara Hang Nadim, akan lebih humanis. 

“Saya sudah memerintahkan kepada anggota di lapangan untuk selalu mengedepankan perlakuan secara humanis dan selalu berkoordinasi,” tuturnya. 

Ia mengaku tentunya hal ini butuh proses. Sebab, harus merubah kebiasaan dari anggota TNI AU. “Butuh waktu dan proses,” ujarnya. 

Dapatkan update berita setiap hari di Barakata.id. Yok! bergabung di Grup Telegram "KATA BARAKATA", caranya klik link https://t.me/SAHABATKATA, kemudian join. Juga ikuti Barakata.id di Google Berita. Lihat selengkapnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin