Home Warta Nusantara

TMMD Ke-108 Kodim 0105/Abar, Pembuatan Parit Jalan Capai 58 Persen

16
TMMD Abar
Pembukaan jalan dan pembuatan parit kiri/kanan jalan penghubung Kecamatan Pante Ceureumen dengan Kecamatan Panten Reu, Kabupaten Abar, Minggu (19/7/20) yang dikerjakan Satgas TMMD Ke-108 Kodim 0105/Abar. (F: Dok. Kodim 0105/Abar)

Barakata.id, Abar – Kegiatan pembukaan jalan dan pembuatan parit kiri/kanan jalan penghubung Kecamatan Pante Ceureumen dengan Kecamatan Panten Reu, Kabupaten Aceh Barat (Abar) memasuki hari + 19. Saat ini progres pembangunan sudah mencapai 58%.

Kegiatan itu merupakan salah satu sasaran fisik TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reg Ke-108 TA 2020 Kodim 0105/Abar.

Pengerjaan pembukaan dan pembuatan parit kiri/kanan jalan itu ditargetkan sepanjang 2.200 meter (2,2 km). Sejauh ini hingga Minggu (19/7/20), hasilnya sudah dapat terlihat maksimal.

Baca Juga :
Danrem 012/TU Didampingi Dandim 0105/Abar Tinjau TMMD Ke-108 di Desa Lango

Kepala Dusun trans lokal Desa Lango Kecamatan Pante Ceureumen, Husaini menyatakan senang dan bahagia karena jalan transportasi yang biasa dilalui warga kini sudah bagus. Dari yang dulunya jalan setapak dan terisolir, sekarang terlihat lebar dan sangat strategis berkat adanya kegiatan program TMMD Ke-108 Kodim 0105/Aceh Barat ini.

“Alhamdulillah, jalan transportasi yang dulunya melalui jalan setapak menuju ke kota termasuk ke Puskesmas, kini sudah lebih mudah dilalui dan strategis. Karena jalan ini adalah jalan transportasi penghubung satu-satunya antar desa/kecamatan,” katanya.

“Dan tentu saja ini akan sangat membantu kelancaran semua aktivitas warga di Dusun Trans Lokal Desa Lango khususnya,” sambung Husaini.

TMMD Abar
Pembukaan jalan dan pembuatan parit kiri/kanan jalan penghubung Kecamatan Pante Ceureumen dengan Kecamatan Panten Reu, Kabupaten Abar, Minggu (19/7/20) yang dikerjakan Satgas TMMD Ke-108 Kodim 0105/Abar. (F: Dok. Kodim 0105/Abar)

Terpisah, Dansatgas TMMD Reg Ke-108 TA. 2020, Letkol Kav Nurul Diyanto S.Pd mengatakan, manfaat pembangunan penerobosan jalan sepanjang 2.200 meter dalam rangka program TMMD Ke-108 ada beberapa aspek. Di antaranya di bidang pendidikan, perekonomian, transportasi dan kesehatan.

Di bidang pertanian, nantinya ada program dari pemerintah daerah tentang pembukaan lahan produksi sawit sekitar 1.000 hektare yang bermanfaat untuk masyarakat. Diharapkan, ke depan perekonomian masyarakat semakin meningkat.

“Kekurangan atau kendala dalam kegiatan ini akan menjadi bahan masukan koreksi untuk diatasi agar tidak berkelanjutan,” kata dia.

Baca Juga :
Satgas TMMD Kodim 0105/Abar Kebut Pengerjaan Jalan dan Box Desa Lango

Letkol Kav Nurul Diyanto S.Pd menambahkan, kegiatan ini memerlukan kerja sama dan dukungan dari pemerintah daerah (Pemkab) Aceh Barat dan masyarakat.

“Dengan dukungan semua pihak, kita harapkan hasil pembangunan ini nantinya dapat dirasakan manfaatnya secara maksimal oleh masyarakat desa,” pungkasnya.

*****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin