Home Gaya Kesehatan 6 Tips Menjaga Kesehatan Mata Kamu di Era Daring

6 Tips Menjaga Kesehatan Mata Kamu di Era Daring

38
Jaga Kesehatan Mata saat Belajar Daring dan
Foto ilustrasi. Siswa belajar dari rumah selama masa pandemi Covid-19. (F: shutterstock)
Himbauan Pemprov Kepri

Ikuti kami di Google Berita

Barakata.id, Kesehatan – Menjaga kesehatan mata di era daring dampak penyebaran Covid-19 di Indonesia membuat banyak sekolah maupun perguruan tinggi memutuskan untuk meniadakan kegiatan belajar serta mengajar secara tatap muka dan menggantinya dengan metode belajar jarak jauh dirumah secara daring. Tidak hanya itu sekolah, banyak kantor yang juga menerapkan kegiatan work from home tanpa harus datang ke kantor.

Dalam pembelajaran online atau dalam pekerjaan online memaksa para pengguna menatap layar atau screen handphone maupun laptop dalam jangka yang sangat lama sehari bisa sampai 10 jam jadi rata rata 75 % . Apalagi kalau sudah kecanduan gadget bisa bisa setelah pembelajaran atau pertemuan secara Daring lanjut dengan kegiatan mengakses social media atau sekedar membaca berita online.


Gangguan kesehatan akibat penggunaan gawai adalah kelelahan mata karena terus menerus menatap layar monitor. Durasi pemakaian komputer yang terlalu lama menimbulkan kumpulan gejala kelelahan mata yang disebut computer vision syndrome (CVS).

Baca juga : Menjaga Kesehatan Fisik dan Kesehatan Mental Anak Remaja

Penggunaan gawai berlebihan dapat menyebabkan gangguan pada mata seperti kelelahan dan mata kering. Penting bagi masyarakat untuk menjaga pola penggunaan gawai terutama saat kegiatan pembelajaran dilaksanakan secara daring di masa pandemik ini.

Oleh karena itu masyarakat perlu diedukasi tentang bagaimana cara menjaga kesehatan mata di saat keadaan mengharuskan kita menggunakan gawai dengan lebih intens. Pengetahuan yang baik tentang bagaimana menjaga kesehatan mata serta pemahaman akan penyakit mata dapat menjadi kunci bagi implementasi pencegahan dan inisiasi terapi gangguan mata.

Mata adalah aset terpenting dalam hidup tanpa organ satu ini kita tidak bisa melihat indahnya dunia, dan kesehatan mata adalah hal yang terpenting bagi kehidupan manusia. Penglihatan yang kabur pada penggunaan laptop atau notebook ini dapat bermanifestasi menjadi myopia, hipermetropi, atau astigmat.

Maka dari itu kita selaku pengguna aktif harus menjaga mata kita dari keluhan diatas, karena mata adalah organ vital yang sangat menunjang kehidupan masa depan yang lebih berwarna dan cerah.

Baca juga : Jaga Kesehatan Mental untuk Ibu Bekerja

Hal tersebut diterapkan untuk membatasi interaksi secara langsung guna menekan penyebaran virus yang ada saat ini, selain itu tentunya pembelajaran secara daring adalah tantangan tersendiri untuk muka pembelajaran saat ini.

Karena dianggap lebih mudah dan fleksibel padahal bisa berdampak berbahaya karena butuh pengawasan agar dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kegiatan pembelajaran yang diterapkan. Tentunya perangkat teknologi seperti smartphone atau laptop serta jaringan internet yang baik harus tersedia.

Baca juga : Tips Atasi Gangguan Kesehatan Saat WFH, dari Sakit Pinggang hingga Burnout

Sementara dengan menatap layar terlalu lama secara terus – menerus menyebabkan mata cepat lelah dan perih. Lalu, bagaimana caranya agar pembelajaran secara daring dapat dilakukan secara efektif dengan menjaga kesehatan mata di era daring?

1. Gunakan gadget maksimal 2 jam dan jaga jarak minimal 40-50 cm.

Batasi waktu dalam menggunakan gadget atau device lainnya dan atur jarak sehingga mata tidak dalam jarak dekat dan jangka waktu lama menatap layar, agar mata tidak mengalami kontraksi pada otot mata sehingga menyebabkan kelelahan pada mata.

2. Kurangi tingkat kecerahan layar.

Usahakan kecerahan layar tidak mengganggu pandangan dan tidak terlalu terang atau pun terlalu gelap, karena dapat membuat mata merasa tidak nyaman dan dapat menyebabkan mata perih

3. Konsumsi sayur dan buah-buahan

Mengonsumsi sayur dan buah-buahan mengandung vitamin A seperti makanan yang mengandung banyak vitamin A seperti wortel, bayam, brokoli, susu, dan kuning telur dapat membuat mata kita menjadi lebih sehat.

4. Tidak lupa untuk melakukan aktivitas fisik lain seperti olahraga atau bermain

5. Bila menggunakan gadget lebih dari 2 jam secara terus menerus maka terapkan:
– Rumus 20-20-20 dengan cara jika setiap 20 menit menatap layar, istirahatkan mata selama 20 detik dengan cara ubah pandangan ke arah lain atau benda yang berjarak 20 kaki atau sekitar 6 menit. Saat mengistirahatkan mata disarankan melakukan aktivitas fisik di luar ruangan agar terpapar oleh sinar matahari. Mengistirahatkan mata dapat pula dengan memejamkan mata.
– Dengan menggosok-gosok kedua tangan lalu letakkan hangatnya tangan diatas kelopak mata yang dipejam atau dengan memijat pelan kedua pelipis dapat mengurangi mata lelah kita.

6. Menggunakan kacamata anti radiasi

Menggunakan kacamata anti radiasi, kacamata anti radiasi membantu melindungi mata dari radiasi laptop yang anda gunakan loh.

Nah, kamu sekarang sudah tau kan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mata saat pandemi. Yuk jaga mata agar tetap sehat meskipun pandemi Covid-19 ini memang besar pengaruhnya bagi kehidupan sehari – hari masyarakat seluruh dunia.

Meskipun berangsur-angsur pulih dengan diterapkannya New Normal, kamu tetap harus mematuhi protokol dan menjaga kesehatan. Semoga pandemi ini segera berlalu dan kehidupan normal segera kembali. (Annisa – Anggota Perempuan Indonesia Satu)

Artikel ini telah di edit oleh : Pol G

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin