Home Gaya Tekno

Tips Menghemat Baterai Ponsel dengan Cara Sederhana

52
Baterai Ponsel Lemah
Ilustrasi/Freepik

Barakata.id – Menghemat baterai ponsel adalah hal penting, sebab keseharian masyarakat saat ini, smartphone atau ponsel menjadi benda paling berguna. Tak lucu kan saat dibutuhkan ponsel malah mati total.

Tak hanya untuk sarana komunikasi, ponsel juga dapat digunakan untuk mengisi kebosanan. Bisa dengan nonton, atau main game untuk mengisi waktu. Bahkan, dengan kemajuan teknologi saat ini, banyak hal yang bisa dilakukan cukup dengan ponsel. Melakukan transaksi, membereskan pekerjaan dan lain sebagainya.

Baca Juga: Ponsel Anda Disadap? Begini Cara Mengetahuinya

Oleh karena itu, ponsel yang memiliki kapasitas baterai besar sangat dibutuhkan. Tapi bagaimana kalau kapasitas baterai ponselnya terbatas?

Dilansir dari Medium, ini dia tips menghemat baterai ponsel. Cara-cara sederhana dan sepele. Tapi seringkali dilupakan. Apa saja? simak yuk.

1Tutup Aplikasi Jika Selesai Digunakan

Seringkali kita begitu multitasking. Baru saja membuka aplikasi pesan seperti WhatsApp, tapi di saat yang sama juga membuka Instagram, Facebook atau email.

Hal ini tentu membuat aplikasi tersebut menumpuk. Ini membuat RAM di ponsel Anda bekerja terlalu keras. Hal itu akan berdampak pada daya baterai yang ada dalam ponsel.

Maka, tutuplah aplikasi yang sudah tak Anda gunakan, tak hanya minimize saja.

2Matikan WiFi dan Bluetooth

WiFi dan Bluetooth menguras daya ponsel pintar. Jadi jika tak digunakan lagi, sebaiknya dinonaktifkan. Hal kecil ini sering dilupakan pengguna ponsel, tapi efeknya besar bagi ketahanan baterai.

3Turunkan Kecerahan Layar

Anda tak harus terus-terusan mengganti kecerahan layar. Cukup set kecerahan secara otomatis. Sehingga ponsel pintar Anda bisa mengatur kecerahan layar sesuai lingkungan sekitar.

Pastikan kecerahan layar itu di bawah 50 persen. Sebab, selain tak bagus untuk mata, layar ponsel yang terlalu cerah menyedot baterai terlalu banyak.

4Jangan Pakai Ponsel Hingga Baterai Habis

Jangan pakai ponsel sampai baterai drop atau benar-benar habis. Sebab, sebagian besar ponsel saat ini dilengkapi dengan baterai lithium ion.

Makanya, ketika baterai terlanjur kosong, baru di cas ualng, dapat merusak komponen dalam baterai. Hal itu menyebabkan penurunan masa pakai baterai ponsel.

5Hindari Pakai Flash Saat Foto

Flash memang dapat menunjang hasil foto. Tapi jika keadaan masih memadai tanpa flash, sebaiknya jangan aktifkan flash. Sebab flash dapat menguras daya baterai ponsel.

6Atur Waktu Standby Latar

Standby latar sebaiknya diatur tak terlalu lama. Gunakan waktu di bawah 5 detik. Sehingga saat lewat 5 detik pengguna tak melakukan aktivitas di ponselnya, cahaya berubah redup.

Hal itu dapat megnurangi masa penggunaan baterai, itu artinya daya baterai bisa lebih hemat.

7Matikan Pelacakan GPS

Sebaiknya, matikan pelacakan GPS, karena ini dapat menghabiskan baterai pada ponsel. Sebaiknya ubah dalam mode nonaktif. Sehingga pengguna hanya akan menyalakannya saat membuka navigasi atau maps saja.

8Matikan Notifikasi yang Tak Perlu

Sebaiknya matikan notifikasi yang tak perlu. Misalnya notifikasi dalam aplikasi game. Seringkali aplikasi ini mengirimkan notifikasi untuk mengingatkan pengguna memainkan kembali game yang ada.

Baca Juga: 5 Prediksi Fitur Smartphone yang Bakal Ngetren di 2020

Notifikasi yang berlebihan dapat menguras baterai. Selain itu juga dapat mengganggu aktivitas saat mengakses yang benar-benar penting. Selain itu, mode getar juga dapat menguras baterai. Sebaiknya juga ikut dimatikan.

***

Editor: Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin