Home Gaya Tips Membuat Anak Jadi Lebih Mandiri

Tips Membuat Anak Jadi Lebih Mandiri

47
Membuat Anak Lebih Mandiri
Ilustrasi/Freepik
Himbauan Pemprov Kepri

Barakata.id, Gaya – Membuat anak jadi lebih mandiri sejak dini menjadi salah satu tantangan tersendiri bagi orang tua. Kemandirian sebaiknya diajarkan sejak kecil. Sehingga anak memiliki rasa tanggung jawab.

Rasa melindungi pasti ada di setiap diri orang tua. Sayangnya hal itu kadang bikin anak tak mandiri. Apalagi jika sejak awal terlalu sering dibantu. Orang tua menjadi terlalu protektif karena takut anaknya akan terluka, gagal, tak bahagia dan lain-lain.

Sikap yang terlalu protektif itu ternyata bisa berdampak buruk bagi anak. Sebab menjadikan mereka terlalu bergantung kepada orang tua agar merasa aman.

Baca Juga:

Dilansir dari Boldsky, Selasa (23/3/21) ini dia tips agar anak jadi lebih mandiri.

1. Beri tanggung jawab

Di usia muda, anak-anak tetap harus diberi tanggung jawab. Mulailah memberikan pekerjaan rumah tangga sesuai usia anak. Misalnya menyapu lantai, mencuci piring, menyiram tanaman dan lain-lain.

Tanggung jawab bagi anak-anak dapat meningkatkan rasa percaya diri. Selain itu mereka juga memiliki kontribusi bagi keluarga yang patut dibanggakan.

2. Ajari memecahkan masalah

Jika anak Anda punya masalah atau di tempat bermainnya, bimbing mereka untuk mengidentifikasi masalah dan menyelesaikannya. Libatkan anak sehingga menemukan ide serta solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut.

3. Biarkan anak membuat keputusan kecil

Biasanya orang tua memutuskan segalanya. Mulai dari apa yang akan dikenakan sampai dimakan. Sesekali beri kesempatan anak Anda membuat keputusan sendiri.

Membuat keputusan artinya memberinya pengalaman untuk membuat pilihan. Hal itu akan membuat mereka lebih mandiri. Baik saat membuat keputusan kecil, maupun keputusan besar di masa datang.

4. Biarkan anak melakukan kesalahan

Saat membuat kesalahan anak-anak dapat belajar dari kesalahan itu. Oleh karena itu jangan marahi anak jika mereka membuat salah. Katakan di mana letak kesalahan mereka dan bagaimana melakukannya lebih baik di lain waktu.

Baca Juga:

5. Jangan kerjakan PR anak

Seringkali saat mengajari mereka membuat pekerjaan rumah (PR) orang tua terlalu ikut campur. Bahkan menunjukkan jawabannya.

Anda harus membiarkan anak mengerjakan PR nya sendiri. Biasakan membuat jadwal sehingga anak dapat bertanggung jawab menyelesaikannya tanpa terburu-buru. Dengan begitu anak akan lebih mandiri tanpa harus bergantung ke orang tua saat mengerjakan PR.

***

Editor: Asrul R

Advertisement
SebelumnyaHadiri Peringatan Isra Mi’raj, Walikota Tanjungbalai Santuni Anak Yatim
SelanjutnyaTilang Elektronik Diterapkan di 12 Polda dan 244 Titik Lokasi