Home Gaya

Tips Aman Berpuasa Saat Hamil Muda

89
Berpuasa Saat Hamil Muda
Ilustrasi hamil muda

Barakata.id, Batam – Bulan Ramadan telah tiba. Setiap umat muslim menyambut dan menjalankan ibadah puasa ini dengan gembira. Tapi, bagaimana jika berpuasa saat hamil muda? Apalagi itu adalah calon buah hati yang sudah lama diidamkan.

Sebenarnya, berpuasa atau tidak bagi perempuan yang lagi hamil muda adalah pilihan. Semuanya tergantung kesanggupan, karena kekuatan seseorang berbeda-beda.

Bagi sebagian orang, menjalankan puasa Ramadan saat hamil muda mungkin tidak ada masalah. Tapi bagi sebagian lagi, bisa jadi memiliki risiko.

Jika Anda memutuskan untuk berpuasa saat hamil muda, yang perlu diperhatikan adalah tetap penuhi kebutuhan nutrisi penting Anda dan janin. Untuk diketahui, hamil muda merupakan tahap di mana kehamilan Anda sedang membutuhkan banyak sekali nutrisi penting.

Namun, banyak penelitian yang menyebutkan bahwa berpuasa saat hamil tidak memengaruhi kesehatan kehamilan dan bayi. Salah satunya adalah hasil penelitian yang diterbitkan oleh Iranian Journal of Pediatrics tahun 2010.

BACA JUGA : Enam Adab Puasa Agar Kita Tak Hanya Dapat Haus dan Lapar

Penelitian itu menyebutkan, wanita hamil yang berpuasa dengan asupan gizi yang tepat tidak memberikan dampak pada pertumbuhan bayinya dan waktu kelahiran bayi.
Karena itu, semuanya kembali kepada Anda.

Jika memang Anda merasa sehat dan kuat, maka berpuasalah dengan tetap memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh Anda dan bayi. Dilansir dari Hello Sehat, berikut ini beberapa panduan agar aman berpuasa saat sedang hamil muda:

Minum banyak air

Pastikan Anda minum banyak air saat berbuka puasa dan sahur. Anda perlu minum air setidaknya 8 gelas atau 2 liter per hari.

Ini penting agar Anda terhindar dari dehidrasi saat puasa. Jika Anda merasa sangat haus, lemas, pusing, dan ingin pingsan di tengah-tengah puasa Anda, sebaiknya Anda batalkan puasa Anda untuk mencegah kemungkinan hal buruk yang bisa terjadi.

Hindari minum minuman berkafein, seperti teh, kopi, dan minuman bersoda karena minuman ini mendorong lebih banyak cairan hilang dari tubuh Anda.

Makan makanan yang bergizi

Pastikan Anda mengonsumsi berbagai macam jenis makanan, sehingga kebutuhan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral terpenuhi dengan baik. Anda disarankan untuk mengonsumsi sayuran dan buah-buahan sebanyak 5 porsi per hari untuk bisa memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral Anda.

Pastikan juga Anda mengonsumsi makanan sumber folat, zat besi, vitamin A, dan kalsium, yang bisa diperoleh dari sayuran hijau, daging, dan susu. Zat-zat gizi tersebut penting Anda penuhi di masa-masa awal kehamilan Anda.

BACA JUGA : Ramadan Afdol Tanpa Minuman Beralkohol

Hindari konsumsi makanan dengan kadar gula tinggi tapi nol zat gizi. Makanan ini hanya akan membuat Anda kenyang tapi tidak menyumbang banyak gizi untuk Anda.

Setidaknya Anda perlu makan sebanyak 4-5 kali di saat waktu buka sampai sahur agar kebutuhan nutrisi Anda terpenuhi.

Cukup istirahat

Agar tidak kelelahan dan untuk menghemat energi yang Anda pakai saat puasa, sebaiknya perbanyak waktu istirahat Anda. Anda perlu untuk tidur siang beberapa jam agar Anda tidak merasa lemas saat puasa.

Selain itu, kurangi melakukan aktivitas berat dan olahraga selama puasa, serta kurangi kegiatan di luar ruangan jika cuaca sedang panas agar Anda lebih kuat dalam menjalankan puasa.

*****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin