Home Gaya Kesehatan

Tips Agar Tetap Bugar Selama Puasa di Tengah Pandemi

Bugar Selama Puasa
Ilustrasi berbuka puasa (F: Pixabay)
Banner Pemprov Kepri

Barakata.id, Kesehatan- Tetap bugar selama puasa pasti menjadi keinginan seluruh umat Islam. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Bisa survive dari Covid-19 di hari-hari biasa saja pasti sudah sangat bagus. Apalagi di saat berpuasa dan kondisi tubuh lemah.

Dilansir dari Boldsky, Minggu (25/4/21), ternyata banyak penelitian dokter yang menyebutkan bahwa berpuasa selama pandemi Covid-19 aman jika dilakukan dengan cara yang benar.

Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan agar tubuh tetap sehat dan bugar selama berpuasa.

Advertisement

Baca Juga:

1. Tetap terdehidrasi

Salah satu cara paling utama agar tetap terdehidrasi adalah mengonsumsi air putih. Kekurangan air putih dapat menyebabkan kelelahan dan susana hati yang buruk.

Asupan air putih ini bisa dipenuhi selama rentang waktu berbuka hingga sahur. Selain itu Anda juga dapat membantu memenuhi asupan air itu dengan mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan air tinggi.

Anda juga harus menghindari kopi saat berbuka atau sahur. Sebab

Usahakan juga terhindar dari sinar matahari langsung. Selain itu kenakan pakaian dingin yang terbuat dari katun.

2. Jangan lewatkan sahur

Jangan hanya antusias saat berbuka puasa, tapi pastikan Anda bangun untuk sahur. Makan saat sahur dapat mempengaruhi energi sepanjang hari. Usahakan saat sahur mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat penuh, sehingga dapat memberikan energi jangka panjang.

3. Kontrol porsi makan

Seringkali saat berbuka, makanan yang disajikan adalah makanan manis, berat dan berminyak. Meskipun Anda lapar tapi jangan langsung makan semuanya sekalian. Jangan sampai karena lapar Anda makan berlebihan. Karena itu tidak baik untuk kesehatan.

Pastikan makanan yang Anda konsumsi mengandung berbagai protein, karbohidrat, sayur dan buah-buahan.

Baca Juga:

4. Lakukan olahraga sederhana

Jadwalkan olahraga selama bulan puasa. Waktu terbaik untuk olahraga adalah sekitar jam 8 pagi sampai setelah berbuka puasa.

Pilih olahraga sederhana, hindari kardio berlebihan dan olahraga berat lainnya. Pastikan juga tidur sekitar 20 menit saat siang hari.

***

Editor: Asrul R

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin