Home Nusantara Tingkatkan Produksi Gula Nasional, Bupati Blitar Launching Panen Raya Tebu

Tingkatkan Produksi Gula Nasional, Bupati Blitar Launching Panen Raya Tebu

Bupati Blitar Launching Panen Raya Tebu
Foto : dok/Humas Pemkab Blitar
Himbauan Pemprov Kepri

Ikuti kami di Google Berita

Barakata.id, Blitar (Jatim) – Bupati Blitar Rini Syarifah didampingi Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, serta Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, menghadiri launching panen raya tebu di Kelompok Tani Sekar Mulyo, Desa Balerejo, Kecamatan Panggungrejo, Senin (13/9/2021).

Kata Bupati Blitar, panen raya ini merupakan regulasi dari kementrian pertanian (Kementan) dalam program bongkar ratoon untuk memenuhi target swasembada gula nasional tahun 2024.

Baca juga : Menko PMK Kunker di Blitar, Bupati Jelaskan Bansos Aman-aman Saja

“Untuk itu, dengan cara revitalisasi industri gula nasional secara komprehensif, kedepan diharapkan dapat menekan volume impor gula rafinasi yang selama ini diperuntukkan untuk memenuhi kekurangan konsumsi gula nasional,” terang Rini Syarifah atau yang biasa dipanggil Mak Rini.

Kemudian Mak Rini menegaskan,bahwa proses bongkar ratoon ini lebih bagus dari pada proses rawat ratoon. Dengan begitu, tindakan peremajaan ini bisa membuat petani mendapatkan perolehan yang lebih tinggi daripada melakukan rawat ratoon.

Baca juga : Rapat Paripurna DPRD, Bupati Blitar Sampaikan Plafon Ranperda APBD 2021 Memiliki Tiga Aspek

“Dengan begitu caranya harus dilakukan dengan membongkar tanggul bekas keprasan dan menggantinya dengan bibit yang baru,” ungkapnya.

“Selain itu, jika dilihat dari hasil rendemen, metode bongkar ratoon dapat menghasilkan rendemen yang lebih tinggi dibanding tanaman tebu yang mendapatkan tindakan rawat ratoon,” pungkasnya.(adv/kmf/jun).

SebelumnyaPansus Perpustakaan DPRD Batam Minta Perpanjangan Waktu 30 Hari Kerja
SelanjutnyaWarga Kampung Terih Minta SMK, Begini Jawaban Amsakar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin