Home Kepulauan Riau

Tes GeNose C19 Resmi Berlaku di Bandara Hang Nadim Batam, Berapa Biayanya?

Tes GeNose Batam
Bandara Hang Nadim Batam menyediakan fasilitas tes GeNose C19 bagi masyarakat yang ingin bepergian. (F: barakata.id)

Barakata.id, Batam – Bandara Hang Nadim Batam kini telah menyediakan fasilitas tes GeNose C19. Masyarakat yang ingin bepergian dengan pesawat, sudah bisa memanfaatkan tes GeNose itu mulai Kamis, 8 April 2021.

Lokasi pelaksanaan tes GeNose bagi penumpang terletak di area pemberangkatan, yakni di lokasi yang sebelumnya digunakan untuk tes rapid antigen.

Pelaksanaan tes GeNose C19 akan dilakukan oleh petugas Rumah Sakit Badan Pengusahaan (RSBP) Batam yang bertugas di Bandara Hang Nadim.

BACA JUGA : Menristek: Pakai GeNose C19, Hidupkan Pariwisata dan Pulihkan Ekonomi Nasional

Apa itu GeNose C19?

GeNose Bandara Hang Nadim
Lokasi tes GeNose di Bandara Hang Nadim, Batam. (F: barakata.id)

GeNose C19 merupakan singkatan dari Gadjah Mada Electronic Nose. Alat yang dikembangkan oleh Universitas Gadjah Mada (UGM) dan didukung penuh oleh Konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19 yang berada di bawah koordinasi Kementerian Riset dan Teknologi/BRIN ini mampu mendeteksi Covid-19 melalui hembusan napas.

GeNose bekerja mendeteksi Volatile Organic Compound (VOC) yang terbentuk karena adanya infeksi Covid-19 yang keluar bersama napas melalui hembusan napas ke dalam kantong khusus.

Selanjutnya diidentifikasi melalui sensor-sensor yang datanya akan diolah dengan bantuan kecerdasan artifisial (Artificial Intelligence).

GeNose merupakan alat pendeteksi yang bisa melakukan skrining Covid-19 secara massif dengan cepat, nyaman dan harga terjangkau.

GeNose juga dipercaya memiliki tingkat akurasi yang tinggi dalam mendeteksi orang yang terpapar virus corona yaitu kisaran 95%-97%. Satu unit GeNose C19 mampu melakukan 100 ribu kali tes untuk skrining Covid-19.

BACA JUGA : Pendeteksi Covid-19 GeNose Kantongi Izin Edar, Harganya Rp25 Ribu

Alat yang memanfaatkan kecerdasan artifisial ini dinilai mampu mendeteksi seseorang yang baru dua hari terpapar virus corona penyebab Covid-19 dengan waktu tak lebih dari tiga menit. Sementara, tes PCR atau rapid antigen belum mampu mendeteksi pada periode yang sama.

Berapa biaya tes GeNose di Bandara Hang Nadim?

GeNose C-19
Tes GeNose kini bisa dilakukan di Bandara Hang Nadim, Batam. (F: barakata.id)

General Manajer Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim Batam, Benny Syahroni mengatakan, izin Pelaksanaan Genose C19 di Bandara Hang Nadim sudah resmi berlaku pada Kamis, 8 April 2021.

Izin tersebut tertera dalam Surat Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Nomor AU/201/0//4/DJPU.DERP-2021 Tanggal 7 April 2021 Tentang Pelaksanaan Genose C19 di Bandar Udara.

Dalam surat itu disebutkan bahwa penggunaan Genose C19 pada pelaku perjalanan di Bandara Hang Nadim dikenakan biaya sebesar Rp40.000 untuk satu kali pemeriksaan.

BACA JUGA : UGM Bikin GeNose, Bisa Deteksi Corona dalam 80 Detik

Benny mengatakan, pihaknya akan terus melakukan perbaikan pelayanan dan meningkatkan fasilitas yang dibutuhkan.

“Kami juga akan terus berkoordinasi dengan Direktur Keamanan Penerbangan da Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara untuk melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan Genose C19 di Bandara Hang Nadim Batam,” kata Benny kepada barakata.id, Kamis (8/4/21).

Sebelumnya, Kepala Kantor Otoritas Bandara Wilayah 2 Medan, Agustono, telah meninjau kesiapan Bandara Hang Nadim Batam untuk pelaksanaan Genose C19. Ia menegaskan peralatan tes Genose di bandara itu harus lebih banyak lagi.

“Hang Nadim merupakan salah satu bandara yang jalur penerbangannya cukup ramai, kami minta kesiapan stok kantong GeNose harus dipersiapkan lebih banyak sesuai dengan penumpang rata-rata, tapi semua bisa dievaluasi terus dan sesuai perkembangannya juga,” kata dia.

*****

Editor : YB Trisna

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin