Home Kepulauan Riau Batam

Terpapar Corona, Guru Besar Uniba Jemmy Rumengan Meninggal

Jemmy Rumengan Meninggal
Guru Besar Uniba, Jemmy Rumengan meninggal dunia, Jumat (21/5/21).
Himbauan Pemprov Kepri

Barakata.id, Batam – Profesor Jemmy Rumengan, Guru Besar Universitas Batam (Uniba) meninggal dunia, Jumat (21/5/21) pagi. Sebelumnya menghembuskan napas terakhir, Jemmy sempat menjalani perawatan intensif di rumah sakit.

Kabar duka meninggalnya salah satu pendiri Uniba tersebut disampaikan mantan anggota DPRD Kepri, Surya Makmur Nasution lewat akun media sosial Facebook miliknya.

“Innalillahi, turut berduka atas wafatnya Prof Jemmy Rumengan, Guru Besar Uniba. Semoga amal ibadahnya diterima di sisi Allah SWT dan diampuni atas kesalahan dan dosanya,” tulis Surya Makmur seperti dikutip dari akun pribadinya itu.

BACA JUGA : Disaksikan Jokowi, 6.000 Warga Batam Disuntik Vaksin Corona

Postingan Surya tentang Jemmy Rumengan meninggal dunia itu pun banyak direspon warga Kepri. Ucapan duka dan belasungkawa atas meninggalnya Jemmy Rumengan terus bermunculan silih berganti di media sosial Facebook.

Jemmy Rumengan tutup usia di Rumah Sakit Awal Bros Batam sekira pukul 07.45 WIB. Pria 52 tahun itu sebelumnya menjalani perawatan di rumah sakit tersebut.

Informasi yang diterima, pria kelahiran Tondano, Sulawesi Utara pada 19 September 1968 yang pernah menjadi Staf Khusus Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) itu dirawat karena terpapar virus corona. Informasi tersebut dibenarkan oleh Kepala Dinas (Dinkes) Kota Batam, Didi Kusmarjadi.

“Iya, benar (covid-19),” ujar Didi singkat kepada barakata.id.

Jenazah Jemmy Rumengan selanjutnya dimakamkan di pemakaman khusus Covid-19 di Sei Temiang, Batuaji, Batam, Jumat siang. Prosesi pemakaman dihadiri sejumlah pihak keluarga hingga mahasiswa dengan menerapkan protokol kesehatan.

Pendiri Uniba

Dihimpun dari berbagai sumber, Jemmy Rumengan semasa hidupnya dikenal sebagai salah satu tokoh pendidikan di Kota Batam, bahkan Kepri. Alumnus Teknik Perminyakan Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun 1992 ini turut membidani lahirnya Akademi Keperawatan (Akper) Griya Husada pada tahun 1996.

BACA JUGA : Jokowi Ingatkan Satgas Covid-19 Batam Tetap Tracking Warga

Akper itu kemudian berganti nama menjadi Universitas Abul Yatama. Dalam perjalanannya, persinya tahun 2001, nama kampus tersebut berubah lagi menjadi Universitas Batam (Uniba).

Saat ini, Uniba termasuk salah satu universitas yang diperhitungkan di Kota Batam. Gedung kampusnya berdiri megah dan luas di kawasan Kecamatan Batam Kota.

Tidak sedikit tokoh publik dan pejabat pemerintahan yang melanjutkan studi mereka di kampus tersebut.

Uniba merupakan satu-satunya kampus swasta di Kepri yang memiliki Fakultas Kedokteran. Jemmy Rumengan dikukukah sebagai profesor di usia 40 tahun pada 2009. Gelar akademis yang melekat padanya adalah Profesor DR Jemmy Rumengan SH SE ME.

*****

Editor : YB Trisna

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin