Home Kepulauan Riau Batam Terkait Tuduhan Bagi-Bagi Amplop, Tim INSANI Siap Tempuh Jalur Hukum

Terkait Tuduhan Bagi-Bagi Amplop, Tim INSANI Siap Tempuh Jalur Hukum

44
Tim INSANI
Uba Ingan Sigalingging (tengah) didampingi Ramali dan Bali Dalo dari Tim Pemenangan INSANI mengklarifikasi soal pemberitaan yang menuding pihaknya bagi-bagi amplop kepada masyarakat, Kamis (19/11/20). (F: barakata.id/yuri b trisna)

Barakata.id, Batam – Tim Pemenangan INSANI, pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri nomor urut 2, Isdianto-Suryani berencana membawa kasus tuduhan bagi-bagi amplop ke jalur hukum. Saat ini, tim sedang melakukan penelusuran terhadap pemberitaan dan penyebaran video yang menyebutkan mereka melakukan praktik politik uang.

“Kami sedang kaji, sedang menelusuri. Kalau memang memungkinkan, kami akan tempuh jalur hukum,” kata Bali Dalo, dari Tim Pemenangan INSANI kepada barakata.id di Batam Centre, Kamis (19/11/20).

Ia mengatakan, pihaknya yakin tidak melakukan perbuatan seperti yang dituduhkan dalam pemberitaan salah satu media online di Kota Batam. Ia pun menyayangkan pemberitaan tersebut tidak melalui proses konfirmasi.

Seperti diberitakan sebelumnya, muncul berita di media online yang tersebar di media sosial Facebook dengan narasi bahwa Timses INSANI sedang membagi-bagikan uang kepada masyarakat. Uang yang dimasukkan kedalam amplop putih itu diberikan pada acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Tim INSANI di salah satu rumah makan di Bengkong, Batam, baru-baru ini.

Selain berita, juga muncul rekaman video yang menampilkan seseorang sedang menerima amplop putih dari panitia acara.

Baca Juga :

Bali Dalo menegaskan, amplop putih yang diberikan panitia itu adalah surat tugas, bukan uang seperti yang ditulis dalam berita. Adapun orang yang menerima adalah bagian dari Tim INSANI, bukan masyarakat umum. Dan kegiatan itu pun bersifat internal karena memang untuk konsolidasi tim.

“Terus terang ini sangat merugikkan pihak kami karena mengganggu dan bisa mempengaruhi opini publik. Padahal kami ingin menjalankan politik santun pada Pilkada Kepri ini. Karena itu, kami akan mengkaji apakah masalah ini perlu dilanjutkan ke jalur hukum atau tidak,” kata pria yang dikenal sebagai salah satu pengacara top di Kepri ini.

Menurut Bali Dalo, ada dua poin yang sedang mereka kaji dalam kasus ini yaitu soal penyebaran video dan publikasi di media online. Soal pemberitaan, lanjut Bali Dalo, pihaknya sudah meminta agar media yang mempublikasikan berita itu memuat hak jawab.

“Kami sangat memahami tugas teman-teman wartawan. Karena itu, langkah pertama yang kami lakukan adalah meminta hak jawab. Itu sesuai dengan tahapan jika ada konflik dengan media massa, sebelum sampai pelaporan kepada Dewan Pers,” katanya.

“Saya rasa, untuk masalah pemberitaan ini sudah selesai karena tadi pihak wartawan atau media sudah kami undang juga dalam jumpa pers untuk klarifikasi, dan mereka menyatakan bersedia memuat hak jawab kami,” katanya.

Poin kedua, lanjut Bali Dalo adalah soal rekaman video yang sudah terlanjur beredar luas di media sosial. Ia mengatakan, pihaknya tengah menelusuri pihak yang merekam dan menyebarkan video itu ke masyarakat baik melalui media sosial Facebook maupun grup WhatsApp.

“Sebenarnya kami tak mau ribut-ribut seperti ini, kami ingin berpolitik santun. Tapi tetap akan kami kaji, dan nanti akan diputuskan apakah perlu dilanjutkan ke jalur hukum atau tidak,” kata dia.

Baca Juga :

Disinggung apakah munculnya berita dan rekaman video itu merupakan pesanan dari tim lawan, Bali Dalo hanya menanggapi dengan senyum. Ia enggan berspekulasi dan berandai-andai.

“Sekali lagi, kami ingin politik yang santun, kami ingin menang dengan cara-cara elegan. Masalah ini bukan persoalan besar, dan kami pun tidak ingin terlalu berlebihan menanggapinya. Apalagi pihak Bawaslu Kepri juga sudah menyatakan tidak ada yang salah dengan kegiatan kami itu,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Bali Dalo mengutarakan keyakinannya bahwa pasangan INSANI, Isdianto-Suryani akan meraih kemenangan pada Pilkada Kepri 2020 ini.

“Para tokoh di Kepri sudah bergabung dengan kami, siap memenangkan INSANI. Di antaranya ada Pak Ismeth Abdullah, Pak Huzrin Hood, dan yang terbaru Pak Ria Saptarika. Selain itu juga ada tokoh-tokoh populer lain yang belum muncul di media tapi sudah ikut bergerak untuk memenangkan Pak Isdianto dan Bu Suryani agar dapat memimpin Kepri yang kita cintai ini,” pungkasnya.

*****

Editor : YB Trisna

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin