Home Warta Nusantara

Terima Penghargaan dari Jokowi, Gatot Nurmantyo: Tak Mungkin Saya Tolak

Presiden jokowi dan Gatot Nurmanyo ketika masih menjabat Panglima TNI. (F: istimewa)

Barakata.id, Batam – Gatot Nurmantyo mengaku tak mungkin menolak penghargaan Bintang Mahaputera yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jika menolak penghargaan itu sama saja artinya ia tidak mengakui rakyat Indonesia.

“Tidak mungkin saya tolak itu. Kalau saya tolak berarti saya tidak mengakui rakyat Indonesia yang memberikan itu kepada saya, tidak mengakui wilayah Indonesia, tidak mengakui pemerintah,” kata Gatot dalam konferensi pers yang digelar secara virtual, Kamis (26/11/20).

Ketua Presidium Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) itu mengatakan, penghargaan dari Presiden Jokowi tersebut adalah penghargaan yang diberikan oleh negara.

Advertising
Advertising

“Negara itu ada rakyat, ada pemerintah, wilayah, ada pengakuan. Empat [hal] yang memberikan penghargaan itu yang disebut negara,” kata mantan Panglima TNI tersebut.

Baca Juga :

Alasan lain, kata Gatot, dirinya merasa penghargaan Bintang Mahaputera bukan hanya diberikan kepadanya tapi juga kepada seluruh prajurit TNI yang masih aktif maupun yang sudah pensiun.

“Itu untuk mereka yang sudah mengorbankan pikiran tenaga keringat darah bahkan nyawa untuk melindungi negara,” kata dia.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi memberikan penghargaan Bintang Mahaputera kepada 71 orang, salah satunya adalah Gatot. Ia mendapat penghargaan itu sebagai bentuk terima kasih negara atas jasanya selama menjabat sebagai Panglima TNI.

Namun, Gatot tidak hadir saat acara penyerahan di Istana Negara, Rabu (11/11/20). Saat itu, ia beralasan tidak datang ke Istana karena saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

Alasan pribadi lain

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin