Home Nusantara

Terbitkan 2.929 SK Pengolahan Hutan Sosial, Begini Pesan Pak Presiden Jokowi

Presiden RI Joko Widodo saat menyerahkan 2.929 SK Pengolahan Hutan Sosial di Istana Negara. F: facebook presiden joko widodo
Advertisement

Barakata.id, Jakarta- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menerbitkan dan menyerahkan Surat Keputusan (SK) sebanyak 2.929 untuk pengelolaan Hutan Sosial, Hutan Adat, dan Tanah Obyek Reforma Agraria (TORA) di seluruh Indonesia.

SK tersebut mencakup lahan Hutan Sosial seluas 3.442.460,20 hektare bagi 651.568 kepala keluarga di seluruh Tanah Air, Hutan Adat seluas 37.526 hektare, dan TORA seluas 72.074,81 hektare.

Baca juga:

Advertisement

Presiden mengatakan, penyerahan SK ini bagian dari kebijakan redistribusi aset dan reforma agraria yang sudah dijalankan lima tahun terakhir.

“Tujuannya, untuk mengurangi ketimpangan ekonomi dan menjadi salah satu jawaban bagi banyaknya sengketa agraria,” tulis Presiden dikutip barakata.id dari akun facebook Presiden Jokowi yang diposting dua hari lalu.

Baca juga:

Berdasarkan tulisan Presiden tersebut, SK diserahkan di Istana Negara. “Saya menyerahkan 2.929 surat keputusan pengelolaan Hutan Sosial, Hutan Adat, dan Tanah Obyek Reforma Agraria (TORA) di seluruh Indonesia hari ini di Istana Negara,” demikian isi tulisan Presiden.

Diakhir tulisan, Presiden menegaskan agar SK yang dikeluarkannya itu dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat penerima dan pengelola lahan hutan, dengan tetap memperhatikan kelestarian lingkungan hutan.

Baca juga:

“Saya tidak ingin acara penyerahan SK kepada masyarakat ini hanya bersifat seremonial belaka, tapi harus memberikan manfaat nyata bagi masyarakat penerima dan pengelola lahan hutan, dengan tetap memperhatikan kelestarian lingkungan hutan. Dan ini akan saya ikuti. Lahan-lahan tersebut harus betul-betul dipakai untuk kegiatan produktif, tidak malah ditelantarkan,” tegas Presiden Jokowi melalui tulisannya itu.

Sebelumnya, sebanyak 1.387 warga Batam terima sertifikat tanah. Penyerahan itu dilakukan secara serentak seluruh Indonesia oleh Presiden Joko Widodo secara virtual, Selasa (5/1/21).

Baca juga:

Di Batam 32 perwakilan penerima turut hadir di Kantor Wali Kota Batam untuk mengikuti penyerahan sertifikat secara simbolis lewat virtual.

Wali Kota Batam Muhammad Rudi berpesan kepada para penerima sertifikat untuk menyimpan dan menggunakan sertifikat dengan bijaksana.

“Pak presiden tadi jelas sekali menyampaikan, sertifikat ini simpan baik-baik karena merupakan kepastian hukum atas tanah,” katanya.

Baca juga:

“Kalau mau disekolahkan (diagunkan ke bank), hitung-hitunglah secara matang. Jangan sampai karena salah hitungan, sertifikat jadi hilang (disita karena tak mampu bayar cicilan pinjaman),” sambung Rudi.

*****

Editor: Ali Mhd

 

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin