Home Warta Ekonomi

Telkomsel Siap Layani Lonjakan Trafik Komunikasi hingga Lebaran

67
Telkomsel meningkatkan kualitas jaringan untuk melayani lonjakan trafik komunikasi selama Ramadan dan Idul Fitri 2019. (F: Istimewa)

Batam – Ramadan dan Idul Fitri (Rafi) menjadi momen untuk menguji kesiapan dan kekuatan jaringan telekomunikasi yang dimiliki Telkomsel. Tahun ini diperkirakan lonjakan trafik layanan data pelanggan mencapai 76 persen.

Executive Vice President Area Sumatera Telkomsel, Paulus Djatmiko mengatakan,
sebagai upaya memberikan kenyamanan komunikasi terbaik bagi pelanggan pada momen Rafi tahun ini, Telkomsel telah meningkatkan seluruh elemen jaringan di titik-titik jalur mudik dan pusat keramaian publik. Secara khusus, Telkomsel juga telah membangun 102 Base Transceiver Station (BTS) Multi-band LTE di seluruh Sumatera.

Telkomsel telah mengidentifikasi sebanyak 156 POI (Point of Interest) yang terdapat di Wilayah Sumatera meliputi bandara, terminal bus, stasiun kereta, pelabuhan, rumah sakit, mal, pasar tradisional dan area-area padat populasi lainnya. Untuk memaksimalkan kualitas jaringan di lokasi-lokasi itu, Telkomsel menyiagakan 5 unit Compact Mobile Base Station (COMBAT) atau mobile BTS

“Jutaan masyarakat menjalankan ibadah puasa dan ritual pulang ke kampung halaman pada momen RAFI. Kami berupaya maksimal untuk memberikan kenyamanan komunikasi terbaik bagi para pelanggan melalui berbagai persiapan, baik dari sisi infrastruktur, produk, dan layanan,” kata Paulus dalam keterangan tertulisnya yang diterima barakata.id, Jumat (17/5/19).

Vice President ICT Network Management Area Sumatera Telkomsel, Awal R. Chalik menambahkan, Telkomsel memperkirakan lonjakan layanan data (payload) terjadi sekitar 5449 terabyte, atau naik 76 persen dibandingkan Rafi tahun lalu.

“Kami juga memperkirakan trafik layanan suara lebih dari 415 juta menit dan trafik SMS sekitar 41 juta SMS per hari,” katanya.

Ia memastikan, saat ini di jalan utama dan jalan tol Trans Sumatra kekuatan sinyal Telkomsel mencapai 90,34 persen dengan success call mencapai 98,18 persen. Untuk memastikan kenyamanan berkomunikasi pelanggan, Telkomsel telah menggelar drive test rutin di berbagai titik dengan kepadatan trafik komunikasi tertinggi dengan total jarak tempuh lebih dari 12.000 kilometer.

Ada pun parameter pengukuran yang digunakan adalah kekuatan daya pancar dan daya terima handset (Coverage), tingkat kesuksesan akses jaringan (Call Setup Success Rate/CSSR), tingkat kontinuitas panggilan (Call Completion Success Rate/CCSR), lamanya waktu pembangunan panggilan (Call Setup Time/CST), kualitas suara (Mean Opinion Score/MOS), dan kecepatan akses data(Data Throughput). Secara umum drive test yang dilakukan memberikan hasil yang baik.

“Angka rata-rata CSSR mencapai 98,80 persen, CST 6,58 detik, MOS≥3 95,21 persen, dan Data Throughput  7.773 kbps (average),” kata dia.

Sedangkan Vice President Sales and Marketing Area Sumatera Telkomsel, Erwin Tanjung mengatakan, selain mempersiapkan jaringan serta infrastruktur yang handal, Telkomsel juga menghadirkan posko mudik dan titik layanan di lokasi-lokasi POI yang telah teridentifikasi agar kebutuhan komunikasi pelanggan tetap terjaga.

Kemudian, seluruh  channel  pelayanan  existing Telkomsel juga diharapkan dapat berfungsi maksimal selama Rafi 2019.

“Sebanyak 116 GraPARI, 189 Mobile GraPARI, 17 unit layanan digital self-service MyGraPARI, dan 262 Branch Office (Telkomsel Distribution Center) telah kami siagakan di Wilayah Sumatera. Mitra distributor Telkomsel juga sudah siaga menjaga ketersediaan produk selama momen tahunan ini berlangsung,” katanya.

*****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin